Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeKesehatan

Jenis Buah yang Bermanfaat Sebagai Makanan Pelancar ASI

Jenis Buah yang Bermanfaat Sebagai Makanan Pelancar ASI
Like Tweet Pin it Share Share Email

Banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan pelancar ASI tentunya dapat membantu Anda agar produksi ASI menjadi lebih banyak dan meningkat. Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi seperti sayuran, biji-bijian, bahkan buah-buahan. Lantas buah apa saja sih yang dapat meningkatkan produksi ASI dalam tubuh? Berikut beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi.

Labu Siam

Ternyata buah labu siam mengandung asam folat, magnesium, kalium, mangan, zink, vitamin C, K dan B6. Biasanya seorang ibu menyusui memerlukan asupan asam folat dua kali lebih tinggi dari wanita biasa. Kandungan asam folat tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk pembentukan sel, perkembangan jaringan, tubuh hingga hemoglobin dalam darah.

Pepaya

Buah pepaya ternyata juga termasuk ke dalam makanan pelancar ASI yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Pepaya kaya akan vitamin A, C, asam folat, dan kalium. Kalium sendiri sangat bermanfaat untuk menambah energi pada ibu menyusui agar tetap prima sekaligus dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih positif dan bahagia.

Kacang Hijau

Buah kacang hijau ternyata juga kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui agar produksi dan kualitas ASI dapat lebih meningkat. Beberapa nutrisi penting yang terlandung dalam kacang hijau antara lain vitamin B1, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, dan mangan yang sapat dibutuhkan selama masa pertumbuhan sang buah hati.

Wortel

Tak hanya kaya akan vitamin A saja, wortel juga kaya akan vitamin C, E, K, zat besi, kalium, asam folat, fosfor, mangan, seng, dan magnesium. Vitamin A yang terkandung dalam wortel tersebut sangat efektif untuk menjaga sekaligus melindungi sistem kekebalan tubuh si kecil. Wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh si kecil terhadap infeksi.

Semangka

Buah semangka juga kaya akan vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Selain mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui, kadar air yang tinggi pada buah semangka juga mampu sangat baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Pasalnya seorang ibu menyusui juga harus banyak mengonsumsi air putih guna menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Jambu Air

Jambu air merupakan salah satu buah yang sangat efektif untuk meningkatkan produksi ASI agar menjadi lebih maksimal. Mengapa? Pasalnya jambu air kaya akan vitamin A, fosfor, zat besi, mineral, dan kalium yang sangat dibutuhkan selama maka pertumbuhan sang buah hati.

Vitamin A sendiri bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi. Sedangkan kalsium sendiri bermanfaat untuk meningkatkan fungsi syaraf dan otot si kecil. Tak hanya itu saja, jambu air juga memiliki kadar air yang tinggi sehingga memiliki sifat yang mampu memberikan kenyamanan saat dikonsumsi.

Itulah beberapa buah yang dapat dijadikan sebagai makanan pelancar ASI. Mengingat ASI merupakan salah satu asupan terpenting yang dibutuhkan oleh si kecil, maka pastikan Anda rutin mengonsumsi buah di atas agar nutrisi sang buah hati dapat terpenuhi secara maksimal. Sayangi bayi Anda mulai dari memberikan ASI yang berkualitas.

shares