Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeTechno

Tips Membuat Makalah Internet

Tips Membuat Makalah Internet
Like Tweet Pin it Share Share Email

Untuk membuat suatu makalah internet sebenarnya sangat mudah, tidak sesulit seperti membuat laporan praktikum ataupun laporan lainnya. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan makalah internet ini ialah pemilihan judulnya. Pilih judul yang pembahasannya tidak teralu meluas agar pembaca dapat lebih mudah mencerna isinya.

Untuk lebih memudahkan anda, berikut ini akan dipaparkan beberapa langkah dalam pembuatan makalah internet:

  1. Topik utama

Pada tahap awal, tentukan terlebih dahulu topik yang akan dibahas. Selanjutnya pilih tipe naskah yang hendak ditulis, apakah berupa tinjauan umum atau berupa analisis topik yang dibahas secara khusus.

Jika makalah internet yang akan diusung adalah berupa tinjauan umum, kita dapat langsung beralih ke langkah selanjutnya, namun jika tipe naskah yang diambil ialah analisis topik maka tentukan terlebih dahulu topik yang akan di angkat. Usahakan memilih topik yang spesifik. Misalnya disini kita mengangkat topik tentang internet. Topik ini sudah tepat namun kurang mendetail, sebaiknya dipersempit lagi misalnya dengan hanya membahas pengguna internet terbanyak di dunia, atau situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Tips Membuat Makalah Internet

  1. Tujuan penulisan

Setelah yakin dengan topik utama yang diambil selanjutnya tentukan tujuan penulisan makalah internet anda. Disini sebaiknya dijelaskan bagaimana cara penulis menarik hati calon pembaca untuk menyimak isi makalah internet yang dibuat. Semakin bermanfaat tujuan penulisan, semakin besar daya ingin tahu para pembaca untuk membaca makalah tersebut.

  1. Membuat outline

Pembuatan outline dalam suatu makalah internet ialah untuk meletakkan ide penulis tentang topik yang diusung dalam bentuk poin-poin yang tersusun. Kurang lebih sama halnya dengan daftar isi, jadi berisikan garis besar yang akan dibahas di dalamnya.

  1. Menuliskan batang tubuh

Batang tubuh suatu makalah internet mencakup seluruh bab-bab yang akan dituliskan di dalamnya. Tuangkan teori-teori yang relevan serta tambahan argumentasi dengan lengkap. Tiap-tiap outline yang dibuat sebelumnya kemudian dikembangkan menjadi satu paragraf yang akan mengisi batang tubuh tersebut.

Dalam pembuatan makalah internet sesuaikan dengan calon pembaca, jika untuk masyarakat umum gunakan kata-kata yang mudah dimengerti, namun jika digunakan secara internal misalnya di kawasan perkuliahan, penggunaan kalimat yang lebih ilmiah akan jauh lebih baik.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *