Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeParenting

Resep Cemilan Sederhana dan Sehat untuk Anak Sekolah

Resep Cemilan Sederhana dan Sehat untuk Anak Sekolah
Like Tweet Pin it Share Share Email

Bagi ibu-ibu yang notebene-nya adalah wanita karir tentu akan kerepotan apabila harus memasak menyiapkan sarapan dan makanan untuk bekal sekolah setiap harinya, apalagi jam masuk kerja berbarengan dengan jam sekolah anak, namun demi menjaga kesehatan buah hati dan higienitas makanan alangkah baiknya sebagai orang tua menyediakan makanan untuk anak. Solusinya dalah dengan membuat/memasak makanan yang praktis. Berikut ini resep camilan sehat untuk anak sekolah dari variasi bahan roti tawar yang dapat dipraktekkan bagi ibu-ibu di rumah :

  1. Roti Tawar Isi Panggang

Bahan-bahan untuk roti tawar isi panggang ini yaitu sediakan roti tawar, saos spagetti, dan untuk isinya boleh menggunakan ayam cincang yang sudah dimasak, sosis ayam atau bisa juga daging yang telah dimasak berikutnya sediakan juga keju, diparut sedemikian rupa untuk digunakan sebagai taburan di atas roti.

Cara membuat :

  • Ambil dua potong roti tawar, olesi satu bagian (yang menghadap ke atas) dengan saos secara merata selanjutnya taburkan keju yang sudah di parut dan di bagian paling atas beri ayam cincang atau daging atau bisa juga dengan sosis kemudian taburkan kembali keju parut
  • Ambil satu potong roti yang tadi dan tutupkan di atas roti yang sudah diberi bahan-bahan pengisi lalu tekan untuk bagian ujung-ujung (empat sisi) kedua roti yang saling bertumpuk itu agar roti dapat merekat satu sama lainnya
  • Kemudian siapkan wajan yang berbahan teflon (tidak perlu diberi minyak goreng) penggunaan wajan berbahan teflon ini dimaksudkan supaya roti tidak lengket di wajan, selanjutnya gunakan api kompor yang kecil saja, berikutnya masukkan dan panggang roti yang telah di isi tadi sampai kulir roti berubah warna menjadi agak gosong, setelah satu bagian sudah berubah warna kemudian balik sisi roti yang lainnya agar di dapatkan warna roti yang sama. Jika kedua sisi roti sudah terpanggang angkat roti isi tersebut. Nah, makanan untuk buah hati kita sudah siap sedia untuk dibawa ke sekolah.

Resep camilan sehat untuk anak sekolah berikutnya adalah :

  1. Roti tawar Isi Goreng

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ; susu kental manis, tiga buah sosis, tepung panir/roti, 1 buah telur, mentega secukupnya, rebusan wortel dan buncis,  roti tawar.

Cara memasak :

  • Ambil 2 lembar roti dan oleskan mentega di atasnya, kemudian bagian atas kedua lembar roti diolesi lagi dengan susu kental manis secukupnya, ratakan ke bagian atas roti. Kemudian ambil 1 lembar lagi dan olesi dengan mentega kemudian isi diatasnya dengan 1 helai buncis, 1 buah sosis, dan 1 buah wortel yang sudah dipotong (disesuaikan). Kemudian gulung roti tersebut, ambil 1 lembar roti yang sudah  diolesi mentega dan susu tadi kemudian gulungkan menutup roti isi tadi, begitu juga dengan roti yang kedua. Selanjutnya masukkan roti tersebut ke dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  • Pecahkan telur dan kocok, kemudian siapkan tepung panir ke dalam mangkok, ambil roti yang telah dibuat tadi dan masukkan ke kocokkan telur (supaya roti lengket) kemudian masukkan ke dalam tepung panir, hidupkan kompor dan penggorengan dengan minyak secukupnya, lalu masukkan roti yang sudah diberi tepung panir tadi, goreng hingga berwarna kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan. Dan makanan camilan siap untuk dibawa oleh anak ke sekolah.

Itulah tadi resep camilan sehat untuk anak sekolah, masakan praktis yang bisa ibu-ibu praktekkan di rumah, bekal makanan yang sehat dan terjaga higienitasnya merupakan asupan bergizi bagi tumbuh kembang anak kita. Selamat mencoba.