Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeParenting

Posisi Janin 6 Bulan Dan Perkembangan Yang Harus Di Perhatikan

Posisi Janin 6 Bulan Dan Perkembangan Yang Harus Di Perhatikan
Like Tweet Pin it Share Share Email

Usia kehamilan yang sudah memasuki 6 bulan merupakan usia kehamilan yang sudah matang dan dewasa. Pada usia ini, janin sudah dapat di katakan terbentuk dan mendekati manusia sempurna. Selain itu, panca indera dari janin juga sudah terbentuk sedemikian rupa yang terus berkembang mendekati sempurna. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas hal terkait posisi janin 6 bulan dan juga perkembangan janin yang harus di perhatikan dengan seksama. Apa saja perkembangan janin yang kita harus senantiasa memonitori?

Perkembangan kulit

Hal pertama yang akan kita lihat sebagai salah satu perkembangan janin 6 bulan adalah perkembangan kulit bayi. Kulit bayi mulai berkembang dengan pesat saat kehamilan berusia 5 bulan. Dalam kandungan yang berusia 5 bulan tersebut, kulit bayi terlihat transparan dan sangat lembut. Akan tetapi, pada saat usia kandungan masuk pada usia 6 bulan, kondisi kulit bayi semakin tebal dan hampir mendekati ketebalan usia kulit manusia dewasa. Akan tetapi, tetap saja kondisi kulit tersebut masih sangat halus dan sel kulit masih belum begitu sempurna.

tahapan perkembangan janin perbulan 1 2 3 4 5 6

Indera yang berkembang

Posisi janin pada usia 6 bulan sudah melintang di dalam kandungan dan harus di rawat dengan sebaik-baiknya. Di sisi lain, hal yang perlu kita perhatikan adalah mulai berkembangnya indera dari janin yang di kandung. Pada posisi ini, ibu hamil harus mengetahui jika salah satu perkembangan janin 6 bulan adalah indera yang mulai berkembang dengan lebih pesat. Di usia 6 bulan, retina mata bayi sudah terbentuk tetapi bayi belum memiliki kemampuan untuk melihat. Selain itu, sensitivitas bayi terhadap rangsangan berupa cahaya juga meningkat dengan sangat tajam.

Kepala yang hampir sempurna

Selain itu, anda juga harus mengetahui bahwa bayi pada saat usia kandungan 6 bulan sudah memiliki bentuk kepala yang hampir sempurna. Kepala – sebagai salah satu organ yang sangat penting, harus mendapatkan perhatian khusus. Nah, perkembangan bentuk kepala bayi ini di barengi dengan perkembangan fungsi otak. Sebagai salah satu bentuk perkembangan otak adalah jam tidur bayi sedikit demi sedikit mulai berkurang sehingga ibu hamil dapat merasakan pergerakan janin lebih sering lagi. Bukankah hal ini mengasyikkan dan menggembirakan?

Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa janin pada usia 6 bulan dapat bermimpi. Benarkah seperti itu? Ya, menurut penelitian, memang di katakan begitu. Hal ini sebagai salah satu bukti jika otak janin pada usia 6 bulan sudah berkembang dengan pesat. Tidak hanya dapat bermimpi, janin juga memiliki sensitivitas yang lebih tinggi. Para ahli juga mengatakan bahwa janin sudah bisa melakukan beberapa pernafasan kecil sebagai usaha ketika dirinya nanti di lahirkan.

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat mengetahui beberapa hal terkait posisi janin 6 bulan dan juga perkembangannya. Dapat kita simpulkan bahwa usia 6 bulan merupakan usia yang spesial karena janin mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan diri. Pada usia 6 bulan kehamilan, sebaiknya anda mulai mengurangi aktifitas fisik yang dapat berefek pada turunnya stamina anda. Selain itu, memakan makanan yang bergizi merupakan hal yang harus anda jaga dan anda lakukan secara terus menerus. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Demikian beberapa informasi terkait perkembangan janin usia 6 bulan. Semoga dapat membantu.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *