Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeBisnis

Perusahaan Sukanto Tanoto Mempelopori Raihan Sertifikat PEFC di Indonesia

Perusahaan Sukanto Tanoto Mempelopori Raihan Sertifikat PEFC di Indonesia
Like Tweet Pin it Share Share Email

Image Source: Inside RGE

https://www.inside-rge.com/sustainable-operations/april-group-pefc-certification/

Pengusaha Sukanto Tanoto memiliki kepedulian besar terhadap kelestarian alam. Oleh sebab itu, pendiri Royal Golden Eagle ini selalu mendorong perusahaannya untuk menjalankan operasional yang ramah lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan beragam hal, salah satunya dengan perolehan sertifikat keberlanjutan Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC).

            Sukanto Tanoto, Chairman RGE, julukan sebagai Raja Sumber Daya berkat keberhasilannya membesarkan Royal Golden Eagle.

            Dulu ketika didirikannya pada 1973, RGE menggeluti industri kayu lapis. Tapi kini RGE telah berkembang sedemikian pesat. Mereka menjadi korporasi dengan basis industri pemanfaatan sumber daya alam. Asetnya bahkan telah mencapai 18 miliar dolar Amerika Serikat dengan karyawan sebanyak 60 ribu yang tersebar di berbagai negara.

            Kini RGE punya beberapa anak perusahaan di berbagai industri berbeda. Salah satunya adalah Grup APRIL yang berkecimpung dalam sektor pulp dan kertas.

            Berdiri pada 1993, APRIL memiliki basis produksi yang terintegrasi antara perkebunan dan pabrik di Pangkalan Kerinci, Riau. Di sana mereka mengelola perkebunan seluas 480 ribu hektare yang ditanami pohon akasia sebagai bahan baku produksi.

Berkat itu, kapasitas produksi APRIL konsisten selalu tinggi. Per tahun, mereka mampu menghasilkan 2,8 juta ton pulp. Sedangkan untuk kertas, APRIL memproduksi 1,15 juta ton dalam jangka waktu yang sama.

APRIL mengoptimalkan perkebunannya dengan baik sembari menjalin kerja sama dengan mitra pemasok jangka panjang untuk menyuplai kebutuhannya.

Tanpa itu semua, APRIL tidak akan mampu menjalankan operasional yang bertanggung jawab kepada alam. Sebagai salah satu perusahaan Sukanto Tanoto, mereka memang diwajibkan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Hal itu pula yang membuat APRIL mampu meraih sertifikat PEFC. Mereka bahkan menjadi perusahaan pertama dari Indonesia yang dapat meraihnya.

PEFC merupakan sistem sertifikasi kehutanan terbesar di dunia. Sampai saat ini tercatat ada lebih dari 264 juta hektare hutan dan 15.804 perusahaan telah disertifikasi PEFC.

Adapun PEFC sendiri merupakan lembaga internasional nonprofit yang independen. Mereka memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan.

Terdapat dua cara dari PEFC untuk menjalankan sertifikasi. Pertama adalah Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari. Sistem sertifikasi ini mengakui operasional yang menjaga nilai-nilai ekologi, sosial dan ekonomi hutan. Sedangkan yang kedua adalah Sertifikasi Rantai Pemeliharaan (CoC). Hal ini mengacu kepada pendekatan pemantauan setiap langkah dari rantai pasokan dari hutan ke konsumen.

Memiliki sertifikat PEFC berarti penting bagi sebuah produk. Ini menandakan produknya diperoleh dan diproduksi dari proses produksi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Dengan demikian produk kertas dan pulp yang dihasilkan oleh APRIL terbukti didapat dari sumber yang legal dan tidak merusak alam.

“Pencapaian yang diraih oleh APRIL memperlihatkan perkembangan perusahaan dan negara ke arah industri kehutanan berkelanjutan di Indonesia. Sebuah masa depan yang menunjukkan ada ketergantungan antara lingkungan, sosial, dan target ekonomi,” ujar CEO & Sekretaris Jenderal PEFC, Ben Gunneberg.

APRIL memperolehnya sertifikat PEFC dengan memenuhi sejumlah kriteria standardisasi. Per tahun 2015, sudah sekitar 45 persen suplai kayunya yang tersertifikasi. Bukan hanya itu, lahan perkebunan seluas 300 ribu milik perusahaan Sukanto Tanoto tersebut juga telah mendapat sertifikat.

ARTI PENTING DAN KEUNTUNGAN PEFC

Image Source: APRIL

            Sebagai sistem sertifikasi yang terstandardisasi tinggi, PEFC memiliki sejumlah arti penting. Selain itu, sistem ini juga memberi keuntungan banyak bagi penerimanya. Tidak mengherankan, APRIL mendapatkan sertifikasi tersebut.

            Adapun arti penting sertifikasi PEFC terkait dengan kelestarian lingkungan. Memperolehnya berarti setidaknya perusahaan Sukanto Tanoto itu telah terbukti nyata mendukung praktik berkelanjutan.

Memiliki sertifikat PEFC menjadi jaminan bahwa produk pulp dan kertas APRIL dibuat dengan bahan baku dari hutan-hutan yang dikelola secara berkelanjutan. Selain itu, asal muasal bahan baku juga dapat diawasi dan dilacak. Bukan hanya itu, sertifikat PEFC juga memastikan keberadaan perusahaan tidak merugikan pihak-pihak di sekitarnya. Sertifikasi ini menyoroti langkah pengelolaan hutan oleh APRIL supaya selalu mengutamakan aspek sosial, lingkungan, maupun ekonomi.

Selain itu, fakta bahwa PEFC merupakan sistem sertifikasi hutan terbesar di dunia menjadi hal penting tersendiri. PEFC kini tercatat sebagai sistem verifikasi kehutanan independen dengan cakupan terluas. Diperkirakan sampai saat ini sekitar 2/3 hutan yang sudah disertifikasi mendapat verifikasi dari PEFC. Hal itu bisa terjadi karena proses sertifikasi yang mereka lakukan beserta hasilnya sudah diakui di lebih dari 30 negara.

    Berkat itu, publik sangat terbantu. PEFC bisa memandu khalayak untuk memilih produk-produk yang ramah terhadap lingkungan. Memilikinya berarti memastikan pulp dan kertas APRIL dibuat secara bertanggung jawab.

            Hal itu dikarenakan tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat PEFC. Mereka menetapkan standar verifikasi tertinggi. Ada banyak kriteria yang mesti dipenuhi kalau ingin memperolehnya. Namun, karena telah berkomitmen menjaga alam, tidak sulit bagi APRIL untuk memenuhi tuntutan PEFC.

PEFC tidak membuat standar verifikasi asal-asalan. Mereka mendasarkannya dari konsensus internasional . Ini berarti positif bagi APRIL. Mendapat sertifikat PEFC berarti jalan lapang bagi produknya di pasar global.

            Perlu diketahui, sertifikat PEFC diterima oleh beragam sektor mulai dari sektor privat hingga sektor publik di seluruh dunia. Selain itu, keberadaannya juga diakui secara global dan lintas negara. Memiliki sertifikat PEFC menjamin standar keberlanjutan dalam APRIL diakui di belahan dunia mana pun.

            Arti penting tersebut menghadirkan keuntungan besar bagi APRIL. Perusahaan Sukanto Tanoto ini berarti ikut aktif menjalankan perlindungan alam. Hal ini sejalan dengan arahan yang dicanangkan oleh Sukanto Tanoto. Ia memang mewajibkan semua perusahaannya untuk ikut aktif menjaga keseimbangan iklim. Hal itu hanya bisa terjadi dengan cara melindungi lingkungan.

            Sukanto Tanoto bahkan memasukkan arahan tersebut ke dalam filosofi bisnis RGE yang dikenal sebagai prinsip kerja 5C. Itu menandakan keseriusan segenap pihak di perusahaannya untuk melindungi alam.

            Akan tetapi, bukan hanya APRIL yang mendapat keuntungan dengan keberadaan PEFC. Masyarakat juga diuntungkan karena bisa memilih produk terbaik yang diproduksi secara bertanggung jawab. Bukan sekadar melindungi alam. mengantongi sertifikat PEFC merupakan tanda bahwa APRIL melindungi hak-hak pekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam Konvensi International Labour Organization. Itu juga berarti APRIL mendorong pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

            Hal tersebut bisa dipastikan karena PEFC memantau proses produksi di dalam tubuh APRIL. Perusahaan Sukanto Tanoto itu dituntut untuk bisa memberikan jaminan kesehatan, sosial, serta keamanan bagi masyarakat di sekitarnya. Jika tidak bisa memenuhi, maka sertifikat PEFC tidak akan diperoleh.

            Saat menyusun sertifikasi, PEFC bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam industri. Pihak pemerintah, masyarakat, pemilik industri, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat dilibatkan dalam penyusunan untuk menjamin keabsahannya.

            Akibatnya tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat PEFC. Namun, APRIL mampu mempelopori perolehannya di Indonesia karena telah sejak dulu melindungi alam. Hal itu sejalan dengan arahan Sukanto Tanoto yang mendirikannya.