Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Perlengkapan Tracking yang Wajib Dibawa

Perlengkapan Tracking yang Wajib Dibawa
Like Tweet Pin it Share Share Email

Memiliki hobby berpetualang mungkin sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dimana anda bisa mengeksplor berbagai keindahan alam di negeri tercinta ini. Kini salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan adalah dengan menjalankan aktivitas tracking. Tracking atau mendaki gunung adalah aktivitas di luar ruangan yang bisa anda jalankan dengan menempuh perjalanan guna mencapai puncak gunung yang anda harapkan.

Biasanya para trackingers atau sebutan bagi mereka para pecinta tracking akan melengkapi tubuhnya dengan beberapa peralatan. Misalnya saja seperti penggunaan sepatu gunung, jaket gunung, sarung tangan, kaos kaki, masker, pelindung kepala, tali dan sebagainya. Selain itu, masih ada beberapa perlengkapan tracking yang wajib mereka bawa. Untuk itu, berikut perlengkapan tracking yang harus anda bawa selama melakukan kegiatan seperti ini.

  1. Tenda (Dome)

Tenda merupakan rumah sementara bagi seorang pendaki gunung. Biasanya alat ini digunakan jika aktivitas trecking dilakukan lebih dari 1 malam. Fungsinya tentu saja untuk melindungi tubuh baik dari paans, dingin, hujan, atau bahkan saat badai melanda. Selain itu, tenda juga digunakan untuk tempat bermalam sehingga para pendaki lebih aman dari bahaya atau serangan hewan buas yang ada di sekitar lokasi pendakian.

  1. Matras atau Tikar

Selain tenda, penggunaan matras atau alas tikar juga penting untuk kelengkapan peralatan anda selama tracking perlangsung. Matras atau tikar berfungsi sebagai alas untuk melindungi tubuh ketika berada di dalam tenda.

  1. Tas Gunung (Carrier)

Salah satu peralatan wajib yang harus anda bawa ketika melakukan pendakian adalah tas gunung. Umumnya, tas ini dilengkapi dengan berbagai fungsi yang tidak ditemukai pada model tas biasa. Tas inilah yang mampu menampung barang bawaan selama anda melakukan aktivitas tacking di alam terbuka.

  1. Peralatan Memasak

Karena aktivitas tracking biasanya dilakukan lebih dari 1 malam, maka penggunaan alat-alat masak juga penting untuk anda bawa. Setidaknya anda memiliki satu alat yang bisa digunakan untuk memanaskan makanan atau minuman selama proses tracking berlangsung. Jangan lupa bekali diri anda dengan makanan yang bisa menambah energi bagi tubuh.

  1. Sepatu Gunung dan Jaket Gunung

Dua perlengkapan ini memiliki fungsi yang cukup besar bagi aktivitas alam anda. Sepatu gunung digunakan untuk melindungi kaki selama proses perjalanan berlangsung. Sedangkan, jaket gunung berfungsi untuk melindungi tubuh dari panas dan dinginnya udara di pegunungan.

Jika dibayangkan kegiatan seperti ini syarat dengan tantangan yang bisa terjadi kapan saja. Namun, jika anda mampu menjaga keamanan dan keselamatan diri. Tentu anda pun bisa melewati berbagai treck untuk bisa sampai di puncak. Memang benar, keamanan atau safety di dalam kegiatan tracking memang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu, bekali diri anda dengan perlengkapan tracking yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda selama menjalankan aktivitas di luar ruangan seperti ini.