Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Perkembangan Terkini Berita Persidangan Ahok

Perkembangan Terkini Berita Persidangan Ahok
Like Tweet Pin it Share Share Email

Beberapa waktu terakhir ini, masyarakat di Indonesia sedang di hebohkan dengan kasus penistaan agama yang melibatkan gubernur DKI Jakarta non aktif, yakni Basuki Tjahja Purnama atau biasa di panggil Ahok. Kasus yang bermula karena pidatonya di kepulauan seribu beberapa waktu yang lalu menjadi seperti bola salju yang semakin lama semakin membesar dan menyeret beberapa pihak lain untuk terlibat. Beberapa waktu yang lalu, Ahok akhirnya diperiksa sebagai tersangka dalam persidangan. Setidaknya, ada beberapa pekembangan terkini terkaitĀ berita persidangan Ahok Sindonews yang menarik untuk disimak.

Keanehan dalam sidang pertama

Selasa 13 Desember kemarin, Ahok akhirnya menjalani persidangan pertama kalinya sejak dirinya ditetapkan menjadi tersangka kasus penistaan agama yang membuatnya menjadi bulan-bulanan publik. Dalam persidangan pertama tersebut, ada beberapa keanehan yang menurut beberapa kalangan merupakan hal yang tidak wajar. Keanehan pertama dalam berita persidangan Ahok adalah jaksa penuntut umum yang hanya membaca tuntutan dengan sangat cepat. Tercatat penuntut umum hanya membacakan tuntutannya setebal 7 halaman saja. Tentu saja public mempertanyakan isi dari tuntutan yang disampaikan.

Hal berbeda terjadi dalam pembelaan yang dilakukan baik Ahok maupun penasihat hukum. Ahok membacakan nota keberatan sambil menangis. Ini adalah hal yang sedikit aneh karena Ahok terkenal merupakan pribadi yang keras dan tidak segan untuk berkata kasar. Di sisi yang lain, penasihat hukum dari pihak Ahok nampak berjam-jam membacakan pembelaannya. Sebagaimana dilansir berita persidangan Ahok Sindonews, penasihat hukum Ahok secara bergantian membacakan beberapa poin yang menjadi keberatan atas ditetapkannya Ahok menjadi tersangka dalam kasus yang menjeratnya. Nampak disini bahwa penasihat Ahok berusaha menyangkal semua tuduhan yang sudah disematkan sebelumnya.

Berita Persidangan Ahok

Penistaan ulang

Keanehan dan kejadian lain yang terjadi dalam berita persidangan Ahok yang harus diperhatikan adalah dugaan terjadinya penistaan ulang. Dalam hal ini, dugaan penistaan agama ulang dilakukan oleh Ahok saat dirinya membacakan nota keberatan di hadapan majelis hakim. Memang, saat membacakan nota keberatannya tersebut, Ahok tidak hanya sesenggukan tetapi juga terlihat kehilangan suara saat menyampaikan. Ia menyinggung lagi tentang tafsir surat Al Maidah 51 yang dia klaim berdasarkan opini dari Gus Dur. Banyak pihak mengatakan bahwa Ahok seharusnya tidak melakukan hal demikian yang tentu bukan merupakan kapasitasnya.

Selain diduga melakukan penistaan ulang, sebagaimana yang telah ia lakukan sebelumnya, isi dari nota keberatan yang dibacakan Ahok kurang menyentuh pada persoalan pokok yang di hadapi. Ahok banyak bercerita tentang bagaimana karirnya dalam berpolitik. Selain itu, ia juga bercerita bagaimana ia ternyata akrab dengan muslim dan paham dengan agama Islam. Tentu hal ini akan membuat orang awam menjadi bingung. Sangat kelihatan sekali bahwa Ahok ingin memfokuskan kasus pada kacamata pilkada dan politik yang mana sudah dibantah oleh beberapa pihak bahwa kasus tersebut bukan kasus politik.

Bersatunya umat Islam

Tidak bisa dipungkiri bahwa berita persidangan Ahok tersebut melecut semangat umat Islam untuk bersatu. Setelah munculnya gerakan boikot Sari Roti beberapa waktu yang lalu, sebagaimana dilansir berita persidangan Ahok Sindonews, umat Islam sedang mengupayakan beberapa hal seperti minimarket, bank dan lain sebagainya dengan konsep syariah, sebagai jawaban atas kritis yang terjadi. Memang hal ini tidak bisa dihindarkan karena umat Islam memang berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan karena seolah banyak pihak pemerintahan yang tidak berpihak pada mereka.