Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeParenting

Perkembangan Anak 15 Bulan Dalam Berbicara

Perkembangan Anak 15 Bulan Dalam Berbicara
Like Tweet Pin it Share Share Email

Pada perkembangan anak 15 bulan mereka sudah mulai berbicara. Bunda pasti senang sekali bukan mengetahui buah hatinya sudah bisa menggunakan kata-kata walaupun hanya beberapa. Bahasa bayi menunjukkan peningkatan dan mulai mengetahui kata-kata favorit. Ocehan anak dapat meningkat sekitar 10 kata saat berusia 15 bulan.

Perkembangan Anak 15 bulan terlihat lebih mengikuti percakapan yang terjadi di sekitar mereka . Di usia ini anak mulai menguasai beberapa kata dan biasanya kata yang mereka kuasai adalah kata benda. Tahap perkembangan anak usia 15 bulan juga meliputi kemampuan berbicara dan berbahasa. Kemampuan berbahasa dapat menjadi ukuran seluruh perkembangan anak.

Beberapa Ciri yang Menunjukkan perkembangan anak 15 bulan

  • Lebih tanggap Terhadap Kata-kata tanpa Gerak Isyarat

Anak akan lebih tanggap dan mengerti dengan bahasa isyarat atau gerakan yang anda lakukan tanpa ada kata-kata yang bunda ucapkan.

  • Mulai Ikut Bernyanyi

Ketika bunda bernyanyi, maka anak bunda sudah mulai ikut bernyanyi juga. Bunda bisa merekam suara bayi yang lucu ini sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan saat ia besar nanti.

Perkembangan Anak 15 Bulan Dalam Berbicara
Surprised baby
  • Menggerakkan Tangan

Dalam perkembangan anak usia 15 bulan ini ia sudah bisa menggerakkan tangannya saat ingin digendong, dan juga sudah bisa menempelkan jari telunjuk ke mulut sambil berkata “ssst”. Atau juga bisa menggelengkan kepala tandanya tidak. Mereka juga sudah bisa mengekspresikan kemarahan ataupun kegembiraan.

  • Ucapan Untuk Berinteraksi

Saat usia 15 bulan ini ia sudah pandai menamai aktifitasnya sehari-hari. Seperti meminta makan, dan menarik-narik baju bunda untuk minta gendong ataupun minta minum. Ketika telepon berdering, Ia juga sering mengucapkan salam dengan kata “halo”, juga bisa mengatakan ‘acih” ketika diberi sesuatu yang artinya terima kasih.

  • Anda Mulai Berubah

Mungkin bunda tidak akan sadar dengan perilaku yang mulai berubah. Ketika si kecil sudah mulai berbicara layaknya orang dewasa, maka bunda pasti akan mengajaknya mengobrol seperti orang dewasa pula, bunda akan lupa kalau yang sedang diajak bicara adalah anak yang baru berusia 15 bulan dan tidak perlu lagi menggunakan bahasa isyarat.

Penyebab lambatnya Berbicara pada anak

Melalui perkembangan bahasa anak 15 bulan dapat mendeteksi keterlambatan ataupun kelainan yang ada di sistem lain. Apabila perkembangan anak usia 15 bulan ini belum menunjukkan tanda-tanda ia berbicara, maka bunda harus waspada dengan hal-hal berikut yaitu terdapat gangguan pendengaran, adanya gangguan pada otak , atau terdapat gangguan pada rongga mulut. Dan untuk mendapat kepastiannya, maka bunda disarankan memeriksakan buah hati anda ke dokter. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda.