Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Pengertian Pendidikan Anak di Dalam Keluarga

Pengertian Pendidikan Anak di Dalam Keluarga
Like Tweet Pin it Share Share Email

Secara etimologi keluarga adalah suatu hubungan yang didasari oleh  ikatan sosial didalam satu ruang lingkup yang sama baik secara biologis, perkawinan ataupun adopsi. Di dalam suatu hubungan keluarga terdiri dari ayah, ibu dan anak.

Dalam pembentukan kepribadian sang anak, orang tua memiliki peran yang sangat vital. Maka dari itu antara keluarga dan pendidikan memiliki suatu korelasi yang tidak dapat dipisahkan. Untuk mendidik sang anak tentunya orang tua harus memahami pentingnya pendidikan anak didalam keluarga.

Secara garis besar pengertian pendidikan anak di dalam keluarga yaitu proses dimana orang tua memberikan sebuah pengetahuan yang bersifat informal kepada anak dan erat kaitannya dengan tata cara berperilaku di dalam kehidupan bersosial. Sedangkan fungsi dari pendidikan anak didalam keluarga yaitu untuk mengembangkan segala potensi dan pembentukan karakter yang dimiliki oleh sang anak. Sehingga anak dapat terarahkan dengan baik.

Sedangkan pengertian pendidikan anak dalam keluarga oleh Hasan Langgulung adalah lembaga pendidikan utama dimana peran tersebut diambil oleh orang tua dan berguna untuk mengembangkan potensi anak melalui beberapa bidang pendidikan.

Bidang-bidang pendidikan tersebut yaitu:

  • Pendidikan jasmani dan kesehatan

Didalam pendidikan jasmani dan kesehatan berhubungan dengan peran dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan juga kesehatan pada sang anak. Misalnya memberikan pakaiaan yang layak, asupan makanan yang baik untuk anak serta menjaga kebersihan diri sang anak.

Pendidikan anak di dalam keluarga

  • Pendidikan Intelektual

Pendidikan Intelektual berfungsi untuk mengembangkan cara berpikir anak sehingga para orang tua mengetahui bakat dan minat dari sang anak. Untuk memberikan pendidikan Intelektual para orang tua dapat memberikan media pembelajaran yang berguna sebagai stimulus intelektual anak. Misalnya mainan, alat tulis, alat gambar, majalah. Selain itu peran orang tua disini sangat penting untuk memberikan contoh perilaku yang baik sehingga secara tidak langsung anak dapat menerapkan pola yang sama kepadab dirinya. Karena anak akan lebih menyerap sesuatu yang berada disekitar mereka.

  • Pendidikan psikologi dan emosi

Pendidikan psikologi dan emosi pada anak dimaksudkan untuk mengarahkan anak agar dapat memiliki kepribadian yang baik didalam lingkungan. Seperti dapat menghargai orang lain, santun terhadap yang lebih dewasa dan lainnya. Peran orang tua disini lebih terpusat pada tata cara orang tua memperlakukan anak. Karena apa yang anak alami didalam keluarga akan berdampak pada kehidupan bersosialnya.

  • Pendidikan spiritual

Pendidikan spiritual berhubungan dengan agama. Dalam memberikan pendidikan agama tentunya orang tua harus memiliki bekal pengetahuan agama yang baik sehingga dapat memberikan pengertian tentang agama kepada anak. Sejak dini dapat melibatkan anak dalam kegiatan keagaamaan. Sehingga secara tidak langsung naluri keagamaan anak terbentuk di dalam dirinya.

  • Pendidikan akhlak

Pendidikan akhlak merupakan pembelajaran kepada anak mengenai norma-norma yang berlaku didalam bermasyarakat. Seperti cara berpakaian, cara berbicara dengan orang yang lebih tua dan lainnya.

  • Pendidikan sosial

Pentingnya menanamkan pendidikan social agar sang anak dapat tanggap terhadap lingkungan sekitar. Sehingga mereka tidak terbentuk menjadi pribadi yang apatis terhadap lingkungan.

Nah di atas adalah ulasan mengenai pengertian pendidikan anak di dalam keluarga. Semoga dapat menjadi referensi bagi para orang tua semua untuk mengetahui pola asuh yang tepat untuk buah hati mereka.