Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeEditor Pick

Nutrisi Ini Ternyata Sangat Dibutuhkan Kucing untuk Tumbuh Sehat!

Nutrisi Ini Ternyata Sangat Dibutuhkan Kucing untuk Tumbuh Sehat!
Like Tweet Pin it Share Share Email

Banyak pemilik kucing yang tak mau repot pada akhirnya memberi peliharaan mereka makanan sisa atau makanan yang sama dengan yang Anda makan. Padahal itu sebenarnya salah besar. Makanan yang baik bagi kucing adalah yang terbuat dari daging-dagingan karena sebenarnya kucing adalah karnivora sejati. Mereka tidak makan biji-bijian termasuk nasi.

Beragam nutrisi yang kucing Anda perlukan bisa ditemukan di dalam makanan instan yang banyak dijual di pasaran seperti Whiskas Junior Tunas Sachet. Anda pasti sudah familiar dengan merek tersebut bukan? Anda pun tidak perlu repot membuat sendiri dan yang jelas kebutuhan kucing Anda dapat terpenuhi.

Sama halnya dengan manusia, ternyata kucing juga membutuhkan kalori dan volume air sesuai berat mereka. Rekomendasi kalori dan gizi bagi asupan pakan kucing yang ideal adalah 24-35 kalori/pound/hari. Nah, terdiri dari apa nutrisi tersebut? Lalu, darimana bisa mendapatkannya?

  1. Protein

Kucing membutuhkan protein untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan otot dan organ tubuh mereka. Protein juga membantu pembentukan hormon dan enzim yang amat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mereka.

Selain itu, protein dalam tubuh kucing juga akan diubah menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Bahkan, protein ini juga membantu menjaga sistem imun mereka. Itulah alasan mereka membutuhkannya dalam jumlah besar. Terlebih untuk kucing yang masih anakan.

  1. Asam Lemak

Ternyata, asam lemak dalam tubuh kucing sangat besar manfaatnya. Salah satunya adalah memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan bulu yang botak akibat infeksi bakteri, alergi, jamur, atopy, penyakit autoimun dan lainnya.

Asam lemak juga berguna dalam mencegah dan mengatasi peradangan sendi. Bukan cuma manusia, ya, yang mengalami penyakit ini. Tapi kucing juga bisa. Nah, kandungan asam lemak inilah yang mampu mengobatinya.

Masih ada guna lain dari asam lemak yakni melancarkan peredaran darah dan menjaga kondisi jantung, menurunkan kolestrol, serta menurunkan resiko perkembangan sel kanker. Penyakit-penyakit yang lebih akrab terdengar sebagai penyakit milik manusia ini ternyata juga mereka alami.

  1. Antioksidan

Sama seperti manusia, tubuh kucing juga membutuhkan antioksidan. Antioksidan dalam tubuh kucing juga berfungsi sama seperti pada manusia yaitu mencegah penuaan. Selain itu, fungsi lain dari antioksidan ini adalah menjaga sistem imun kucing, menangkal sel kanker serta mengurangi resiko serangan jantung akibat radikal bebas.

  1. Prebiotik

Lain lagi dengan prebiotik. Nutrisi satu ini berguna untuk meningkatkan aktivitas pencernaan seperti motilitas usus, penyerapan usus, serta meningkatkan metabolisme lemak dan penyerapan mineral dari makanan. Prebiotik juga mampu merangsang anti inflamasi untuk bekerja. Anti peradangan ini mampu mengembangkan fungsi imun pada usus.

  1. Kalsium

Fungsi utama kalsium tentu saja adalah sebagai bahan pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kalsium juga mampu membantu pembentukan sel-sel darah merah, menjaga kontraksi otot kucing dan transmisi implus syaraf mereka.

  1. Vitamin A dan Taurin

Nutrisi terakhir yang paling dibutuhkan kucing adalah vitamin A dan taurin. Dua senyawa ini berfungsi menjaga membran mukosa. Fungsi lainnya adalah menjaga kesehatan organ reproduksi dan penglihatan kucing.

Makanan yang baik bagi kucing adalah makanan yang mengandung enam senyawa tersebut seperti Whiskas Junior. Tapi, meski kucing Anda sudah mendapat semua nutrisi yang diperlukann, Anda harus tetap menjaga mereka. Cuci tempat makan dan mandikan kucing Anda setidaknya seminggu sekali agar mereka terbebas dari bakteri berbahaya.