Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Merawat Rambut Berhijab Tidak Sulit Bila Kita Sudah Tahu Caranya!

Merawat Rambut Berhijab Tidak Sulit Bila Kita Sudah Tahu Caranya!
Like Tweet Pin it Share Share Email

Wanita berhijab kerap merasa kesulitan merawat rambut. Walaupun rambut lebih terlindungi dari polusi udara, tetap saja rambut terasa kotor dan berminyak setelah menggunakan hijab seharian. Kalau tidak ditangani secara cermat, bisa-bisa rambut jadi kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

Mengenakan hijab memang bukan hanya soal memilih kerudung pashmina terbaru. Kini kita memang leluasa memilih kerudung pashmina terbaru yang modelnya cocok dengan bentuk tubuh. Namun, kita juga wajib teliti merawat rambut berhijab dengan cara-cara berikut ini:

Mencuci Rambut Secara Teratur

Kita tak harus mencuci rambut setiap hari bila mengenakan hijab. Cukup mencuci rambut dua hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kelembapan rambut secara alami. Mencuci rambut setiap hari dapat menyebabkan rambut rentan rontok. Sedangkan jarang mencuci rambut juga bisa membuat rambut jadi kotor, berminyak, dan berbau tak sedap. Alangkah lebih baik jika kita menggunakan sampo khusus rambut berhijab untuk mengatasi masalah rambut sampai tuntas.

Mengeringkan Rambut dengan Benar

Jangan buru-buru menggunakan kerudung saat rambut masih basah. Karena hal sepele tersebut rentan menyebabkan rambut lembap dan berbau. Kita harus memastikan bahwa rambut sudah benar-benar kering sebelum menggunakan kerudung. Itulah sebabnya kita lebih leluasa mencuci rambut pada malam hari. Karena kita bisa melepas kerudung lebih lama sebelum tidur. Jika terpaksa menggunakan kerudung usai keramas, gunakan hair dryer agar rambut kering sempurna.

Menggunakan Ikat Rambut yang Ukurannya Tebal

Siapkan ikat rambut yang ukurannya tebal dan teksturnya lembut. Sebaliknya, kita harus meminimalkan penggunaan ikat rambut berbentuk kawat. Karena ikat rambut tersebut berisiko membuat rambut rontok parah. Ikat rambut yang ukurannya tebal dan lembut akan menjaga tekstur alami rambut. Sehingga rambut kita pun tak mudah pecah-pecah walaupun diikat seharian.

Mengepang Rambut Bisa Menjadi Alternatif yang Tepat

Kita bisa mengepang rambut sesaat sebelum menggunakan kerudung untuk menjaga rambut agar tetap rapi. Ketika mengepang, usahakan agar semua bagian rambut membentuk simpul sempurna. Kita pun tak akan kesulitan mengatur rambut bila kerudung bergeser setelah beberapa jam. Tak butuh waktu lama untuk memperbaiki bentuk kerudung agar kembali rapi dan menarik.

Rambut Panjang Sebaiknya Menggunakan Ciput

Jika kita memiliki rambut panjang yang susunannya agak berantakan, alangkah lebih baik bila kita menggunakan ciput atau inner. Ciput akan membantu menjaga bentuk kerudung supaya tetap rapi dan menarik. Kerudung pun tak akan mudah bergeser walaupun sudah digunakan selama berjam-jam. Pilihlah warna ciput yang senada dengan warna kerudung atau pakaian. Sehingga penampilan kita tampak lebih fashionable.

Memilih Bahan Kerudung yang Baik untuk Kulit Kepala

Tidak semua kerudung yang menarik pasti baik untuk kulit kepala. Kerudung yang tekstur kainnya halus dan berpori-pori akan membantu rambut untuk bernapas. Pilihan kain chiffon dan katun kerap diandalkan karena tekstur seratnya yang baik bagi rambut. Serat kain chiffon dan katun sangat nyaman dan tidak mudah menimbulkan rasa gerah. Apalagi kini varian warna kerudung berbahan chiffon dan katun semakin beraneka ragam dan cocok untuk bergaya di segala aktivitas.

Soal memilih kerudung pashmina terbaru, kita pasti sudah memahaminya. Namun kita juga harus paham merawat rambut dengan cara yang benar. Supaya rambut kita tetap sehat dan indah meskipun kita selalu berhijab. Kalau kita konsisten merawat rambut, penggunaan kerudung bukanlah masalah besar bagi kesehatan rambut kita.