Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeParenting

Mencegah Dan Mengatasi Alergi Susu

Mencegah Dan Mengatasi Alergi Susu
Like Tweet Pin it Share Share Email

Alergi susu merupakan salah satu jenis alergi yang banyak dialami anak-anak. Alergi ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh anak yang memang menganggap susu sebagai alergen yang berbahaya. Ketika tubuh telah menganggap suatu alergen menjadi berbahaya, maka secara otomatis akan mengeluarkan histamin dan zat lainnya yang akhirnya menyebabkan reaksi alergi. Untuk alergi susu, reaksi alergi yang umumnya dirasakan pada anak contohnya seperti ruam gatal, sesak nafas, gangguan percernaan, hidung berair, dan juga diare. Berbagai reaksi tadi tentunya sangat mengganggu kenyamanan anak terlebih lagi jika masih bayi. Para orang tua yang memiliki anak alergi susu harus tahu persis seperti apa mengatasi alergi susu. Penanganan yang tepat tentu akan sangat berdampak pada kenyamanan anak itu sendiri karena bisa terbebas dari berbagai macam reaksi yang menyiksa. Selain itu, perlu juga diketahui tentang bagaimana cara mencegahnya sehingga anak bisa terhindar dari alergi.

Seperti apakah cara mengegah dan mengatasi alergi susu? Banyak orang yang bilang bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Namun untuk urusan alergi, pencegahan bisa jadi sangat sulit karena kita tidak tahu apakah anak memiliki alergi susu atau tidak.  Setiap anak yang lahir memang bisa memiliki satu atau beberapa alergi. Namun semua alergi tidak bisa langsung diketahui jika belum ada alergen yang memang menempel atau tertelan hingga menyebabkan reaksi alergi. Perlu diketahui, setiap anak yang lahir memiliki potensi yang besar mendapatkan warisan alergi orang tuanya. Jika Anda termasuk orang yang memiliki alergi susu baik ketika anak-anak maupun hingga dewasa, maka anak yang lahir biologis dari Anda akan memiliki potensi yang  besar memiliki alergi susu. Untuk bisa mencegah terjadinya reaksi alergi, hindarkan pemberian produk susu dalam jumlah yang besar. Amati terlebih dahulu apakah anak Anda memiliki reaksi alergi atau tidak. Anda bisa tambahkan jumlah atau porsinya secara bertahap untuk mengamati lebih dalam. Jika terjadi reaksi alergi, segera hentikan pemberian berbagai macam produk susu.

Selain itu, langkah pencegahan bisa juga dilakukan dengan langkah medis yaitu melakukan tes alergi. Melakukan tes ini bisa langsung datang ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk bertemu dengan dokter dan mengatakan tentang langkah pencegahan alergi berupa tes alergi. Hal ini sangat efektif untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki alergi susu atau tidak sehingga jika memilikinya bisa lebih dihindarkan dari berbagai macam produk susu dan olahan makanan dari susu.

Lalu, bagaimanakah cara terbaik untuk mengatasi alergi susu? Jika seorang anak sudah terkena alergi susu, maka para orang tua yang berada di dekatnya harus mengerti betul langkah yang tepat untuk mengatasi alergi dan reaksi alergi susu. Hal ini menjadi penting agar anak memiliki alergi susu tidak menderita jika memang terjadi reaksi alergi susu. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini:

  • Pertolongan pertama ketika alergi susu

Pertolongan pertama yang dimaksud merupakan tindakan yang harus segera dilakukan orang sekitar atau penderita alergi susu. Langkah utama yang harus segera dilakukan dimulai dengan menghentikan pengkonsumsian minuman susu atau makanan lain yang terbuat dari susu. Walaupun anak atau penderita alergi susu terbilang menikmati makanan atau minuman susu, tetap saja harus dihentikan agar reaksi alergi tidak memburuk. Jika penderita alergi susu susah nafas, buatlah diri penderita senyaman mungkin agar bisa bernafas lega.

  • Pemberian obat antihistamin

Ketika histamin di dalam tubuh dikeluarkan, tentu penangkalnya bernama obat antihistamin. Obat yang satu ini merupakan obat yang harus selalu dekat dengan orang yang memiliki suatu alergi yang bisa datang kapanpun dan di manapun. Sebenarnya, untuk alergi susu tidak bisa datang begitu saja asalkan tidak ada minuman atau makanan yang terbuat dari susu bisa tertelan atau masuk ke dalam tubuh. Dan jika hal itu terjadi, maka reaksi alergi yang muncul bisa langsung diatasi dengan obat antihistamin yang bisa didapatkan di apotek, puskesmas, atau rumah sakit. Obat ini sifatnya bukan untuk pemakaian jangka panjang. Obat ini berfungsi meredakan berbagai macam gejala alergi yang menyiksa dan mengganggu kenyamanan anak. Biasa, antihistamin akan bekerja cepat dan bisa membuat anak kembali terbebas dari derita reaksi alergi.

  • Reaksi alergi susu yang tidak kunjung sembuh

Jika reaksi alergi susu tidak bisa segera sembuh hanya dengan antihistamin dan keadaan semakin mengkhawatirkan, segera bawa anak ke dokter. Hal ini sangat wajib dilakukan karen bisa jadi anak Anda mengalami anafilaksis yaitu reaksi alergi yang serius dan dapat mengancam nyawa akibat saluran pernafasan terganggu dan tekanan darah turun drastis. Nantinya, dokter akan memberikan obat suntik adrenalin dan berbagai penanganan lain yang lebih tepat.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang cara mencegah dan mengatasi alergi susu. Dengan ulasan yang telah dibagikan tadi diharapkan bisa lebih membuat Anda bisa menjaga anak untuk tidak terkenal alergen apapun termasuk susu dan bisa tahu cara mengatasinya jika reaksi alergi terjadi.