Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeTraveling

Melihat Konvervasi Orangutan Di Taman Nasional Wisata Tanjung Puting Kalimatan Tengah

Melihat Konvervasi Orangutan Di Taman Nasional Wisata Tanjung Puting Kalimatan Tengah
Like Tweet Pin it Share Share Email

Indonesia memiliki banyak sekali taman nasional sebagai tempat tinggal satwa dan fauna indonesia. Salah satunya adalah taman nasional tanjung puting. Lokasinya berada di semenanjung kalimantan tengah. Daerah kalimatan terdapat banyak sekali hutan yang digunakan untuk tempat konservasi berbagai satwa di indonesia. Di wisata tanjung puting digunakan untuk konservasi orang utan. Bahkan disini menjadi konservasi orang utan terbesar di dunia. Kurang lebih ada 40 ribu spesies orang utan yang ada di taman nasional tanjung pitung ini.

Pesona Keindahan Wisata Tanjung Puting

Tanjung pitung memiliki luas sekitar 415.040 hektar. Pada tahun 1982 ditetapkan sebagai cagar biosfer. Taman nasional ini dikelola langsung oleh balai taman nasional tanjung puting, unit pelaksana teknik Ditjen Perlindungan Hutan dan konservasi alam kementrian kehutanan. Berbeda dengan konservasi orangutan (orangutans pronunciation) lainnya. di taman nasional tanjung pitung ini menggunakan habitat asli. Bukan habitat buatan. Sehingga ketika anda berkunjung kesini, anda akan melihat orang utan yang berada di alam liar dan hidup di habitat aslinya. Ada beberapa tipe ekosistem yang ada disini. Ada dataran rendah, hutan hujan tropis, hutan rawa air tawar, hutan tanah kering, hutan pantai, hutan mangrove dan hutan sekunder.

Wisata tanjung puting ini terletak di ketinggian 0-100 mdpl. Tak hanya orang utan saja yang ada di tanjung puting ini. Tapi ada lutung merah, bekantan, kancil, beruang, dan kucing hutan. Populasinya kurang lebih ada 38 jenis mamalia. 200 jenis burung, berbagai macam hewan liar dan fauna. Ketika mengunjungi tanjung pitung, ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi. Pertama tanjung harapan yang menjadi wisma tamu dan pusat informasinya. Lalu ada pondok tanggui yang menjadi tempat orang utan diobservasi. Disini orang utan terhindar dari manusia dan tertutup. Lalu ada camp lakey yang menjadi tempat orang utan setengah liar menjadi liar. Ada natai lengkuas tempat penelitian bekantan dan satwa lainnya. terakhir ada sungai buluh dan danau burung yang menjadi tempat pengamatan burung migran.Taman Nasional Tanjung Puting

Rute Menuju Ke Tanjung Puting

Buat anda yang ingin ke tanjung puting, bisa lewat pangkalan bun. Dari pangkalan bun langsung ke daerah kumai. Jaraknya sekitar 8 km, jika naik kendaraan menempuh perjalanan sekitar 15 menit. Langsung anda menuju ke taman nasional tanjung puting memakai kapal tradisional. Menempuh perjalanan selama 2 jam. Jika memakai speed boat, hanya memakan waktu 1 jam perjalanan. Pelayanan disini sudah sangat bagus. sebagian besar pengunjung tanjung puting adalah wisatawan asing.

Pada bulan juli sampai agustus biasanya ada banyak sekali wisatawan yang datang ke taman nasional tanjung puting. Jika anda ingin lebih bebas, menikmati keindahan alam dan melihat hewan secara langsung. Jangan datang pada waktu tersebut. berwisata ke tanjung puting, anda bisa melihat berbagai macam hewan secara langsung. Kalau beruntung bisa melihat burung yang bermigrasi. Itulah sedikit informasi tentang wisata tanjung puting. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.