Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeProperty

Mau Cari Semen Berkualitas? Ini Dia Caranya!

Mau Cari Semen Berkualitas? Ini Dia Caranya!
Like Tweet Pin it Share Share Email

Salah satu faktor yang akan menentukan apakah bangunan kita kokoh dan baik adalah pemilihan bahan baku yang tepat. Bahan baku untuk sebuah bangunan yang kadang terabaikan oleh perhatian banyak orang adalah material semen. Padahal, Anda tahu sendiri betapa mendukungnya semen dalam membangun sebuah hunian idaman.

Semua orang perlu mengetahui cara memilih semen yang berkualitas walaupun Anda bukanlah seorang tukang bangunan. Keahlian dalam memilih semen ini akan sangat berguna jika Anda hendak membangun sebuah rumah atau gedung. Nah, alangkah baiknya jika Anda menyimak cara memilih semen berkualitas berikut ini.

  1. Pilih Semen yang Tidak Menggumpal

Cara pertama yang paling mudah untuk membedakan mana semen yang berkualitas dan mana yang tidak dapat dilihat dari tampilannya secara fisik yaitu tidak menggumpal. Semen yang lama disimpan baik itu setelah Anda beli atau masih di toko material, dapat menggumpal dan biasanya akan hancur ketika diremas. Setiap semen yang berubah menjadi gumpalan tidak akan bisa dipergunakan lagi karena sudah bereaksi dengan uap air.

  1. Pilih yang Kemasannya Tertutup Rapat

Sama halnya dengan memilih makanan, dalam memilih semen pun Anda perlu memperhatikan kemasannya. Pasalnya, kemasan yang tertutup sempurna menunjukkan bahwa kualitas semen masih terjaga dengan baik. Selain tertutup erat, Anda juga harus memastikan bahwa kemasannya tidak basah, dan tidak ada bekas tambalan. Pastikan kemasannya masih tersengel dengan rapi.

  1. Cari yang Standar Nasional Indonesia

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan logo SNI di sejumlah barang. Siapa sangka ternyata logo ini sangat membantu Anda dalam menentukan semen yang berkualitas. Hal ini pun cukup mudah untuk diperhatikan. Anda hanya perlu melihat apakah kemasannya disertai oleh logo SNI atau tidak.

Material Bahan Bangunan Semen

  1. Pilih Semen yang Berwarna Abu-Abu Kehijauan

Warna tentu tidak susah untuk diperhatikan dan ternyata warna pun dapat mengindikasikan apakah semen tersebut baik secara kualitas atau malah sebaliknya. Warna abu-abu disertai kehijauan menunjukkan bahwa semen yang Anda pilih merupakan semen yang bagus kualitasnya. Warna ini dihasilkan oleh reaksi MgO, FeO dan Aluminat di dalam kiln. Kandungan-kandungan ini memiliki standar ukurannya tersendiri. Jika MgO atau FeO terlalu banyak, kualitasnya akan berubah begitu pula dengan warnanya.

  1. Adukan Semen Lebih Rekat

Setelah melakukan beberapa cara di atas, maka Anda hanynya tinggal mencoba cara terakhir yaitu dengan mengaduk semen. Jika adukan yang Anda hasilkan lebih rapat dan terkesan rekat, maka dapat dipastikan bahwa semen yang Anda pakai berkualitas. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral dan logam yang kuat dalam bahan semen. Dari campuran ini juga dapat disimpulkan bahwa bangunan beton yang Anda buat akan jauh lebih kokoh.

Nah, itulah lima buah cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan semen terbaik. Lima hal di atas dimiliki oleh beberapa merek semen yang beredar di Indonesia yang salah satunya adalah semen tiga roda. Popularitas tinggi yang dicapai semen tiga roda didapat karena kualitasnya yang memang dijamin bagus serta harga semen tiga roda yang tidak membuat Anda “kerampokan” dan masih banyak faktor lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan semen Anda agar tidak terjadi kerusakan. Simpanlah semen tiga roda Anda di ruangan yang tertutup dan di permukaan lantai yang datar. Selamat hunting semen berkualitas!