Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeProperty

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Menyewa Jasa Pindahan Rumah

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Menyewa Jasa Pindahan Rumah
Like Tweet Pin it Share Share Email

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman pindah rumah? Jika ya, pasti Anda tahu seberapa repotnya proses ini. Barang-barang harus dipilah, dibungkus, serta ditata kembali di rumah yang baru. Padahal, barang-barang di rumah jumlahnya tidaklah sedikit. Rumitnya proses ini seringkali membuat orang memutuskan menggunakan jasa pindahan rumah. Namun, memilih jasa pindahan rumah bukanlah perkara yang mudah. Agar Anda tidak sia-sia menyewa jasa pindahan, lakukan 7 hal berikut ini!

1. Mempertimbangkan penggunaan jasa pindahan

Dibandingkan mengerjakannya sendiri, menggunakan jasa pindah rumah akan lebih memakan biaya. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakannya dengan tepat. Sebelum menyewa jasa pindahan, pertimbangkan dulu barang-barang di rumah Anda. Apakah seluruhnya harus dibawa ke rumah baru? Jika ya, berarti Anda dapat menyewanya. Namun, jika misalnya Anda akan membeli furniture baru, Anda tidak perlu menyewanya. Lebih baik Anda menjual dahulu saja furniture yang lama. Kemudian, Anda tinggal menyewa mobil box untuk membawa barang-barang lainnya.

2. Menghitung luas rumah

Sebelum memindahkan seluruh barang, Anda harus memikirkan dimana Anda akan meletakannya. Apalagi jika ukuran rumah baru Anda lebih kecil dari rumah yang sekarang. Utamakanlah barang-barang berukuran besar seperti lemari, kulkas, serta meja makan. Pastikan ruangan-ruangan di rumah baru cukup untuk meletakan barang-barang tersebut. Jangan sampai barang yang sudah Anda pindahkan ternyata tidak muat di rumah baru. Tentu Anda akan rugi karena sudah mengeluarkan biaya. Anda juga akan repot karena harus menjual barang tersebut.

3. Mencari rekomendasi

Seiring perkembangan teknologi, jasa pindahan rumah juga dapat ditemukan di internet. Anda akan menemukan banyak penyedia jasa di sana. Utamakanlah penyedia jasa yang sudah berpengalaman. Jika di websitenya terdapat review pelanggan, bacalah review tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Selain jasa pindahan rumah online, rekomendasi juga bisa didapatkan dari orang sekitar Anda. Jangan ragu bila ada rekomendasi penyedia jasa dari teman dan keluarga Anda. Biasanya, penyedia jasa yang direkomendasikan memiliki kinerja yang bagus. Selain itu, Anda juga dapat menawar harga yang lebih murah.

4. Melakukan pengecekan pada penyedia jasa

Sebelum menyewa jasa pindahan, periksalah terlebih dahulu perusahaan yang bersangkutan. Pastikan perusahaan tersebut memiliki alamat dan website yang jelas. Pastikan juga nomor telepon dan emailnya dapat dihubungi.

5. Mempertimbangkan lokasi penyedia jasa

Lokasi penyedia jasa merupakan salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Akan sangat menguntungkan bila lokasinya tidak jauh dengan rumah Anda. Penyedia jasa tidak harus menghabiskan waktu lama untuk sampai ke rumah Anda.

6. Memiliki estimasi biaya

Jika penyedia jasa enggan memberikan harga awal, jangan langsung menyetujuinya. Penyedia jasa yang baik biasanya akan memberikan estimasi harga. Mereka akan menghitung berdasarkan lokasi, jarak, waktu pindahan, serta luas rumah sebelumnya. Penyedia jasa profesional akan bersedia merespon pertanyaan ini lewat email maupun telepon.

7. Melakukan survei

Beberapa jasa pindahan rumah akan mendatangi rumah Anda terlebih dahulu. Mereka melakukan survei untuk mendata jumlah, jenis, serta kondisi barang. Setelah itu, mereka akan memberikan perkiraan biaya serta lamanya proses pindahan. Ketika mereka melakukan survei, Anda harus menunjukan seluruh barang yang akan dibawa. Bila ada barang yang mudah rusak dan pecah, beritahukan pada mereka.

8. Melakukan perbandingan harga

Jika sudah memiliki estimasi biaya dari beberapa penyedia jasa, Anda dapat membandingkannya. Pertimbangkanlah mana yang terpercaya dan sesuai dengan budget Anda. Jika belum mendapatkan yang sesuai, jangan ragu untuk mengajukan penawaran harga baru.