Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Inilah Ciri-Ciri Kambing Etawa Enduro yang Perlu Diketahui

Inilah Ciri-Ciri Kambing Etawa Enduro yang Perlu Diketahui
Like Tweet Pin it Share Share Email

Kambing Etawa merupakan salah saru kambing yang berasar dari Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Banyak orang yang jual hewan qurban jenis ini saat menjelang Idul Adha karena kambing yang satu ini sangat dicari banyak orang untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha. Jangan sampai Anda salah pilih. Berikit adalah beberapa kriterika kambing Etawa.

  1. Postur Tubuh

Postur tubuh kambing Etawa cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Postur besar yang dimaksud adalah memiliki badan yang tinggi serta lingkar dada yang besar. Postur tubuh yang besar merupakan cirri khas dari kambing Etawa Senduro Super. Selain itu, kambing Etawa super juga memiliki tulang besar yang dapat dilihat dari diameter kakinya.

Untuk jantan kambing Etawa super tingginya dapat mencapai 1 meter dalam usia maksimal 1,5 tahun atau kambing Etawa tingginya dapat mencapai 1 meter sebelum usianya menginjak 1,5 tahun. Sedangkan untuk anak kambing Etawa tingginya dapat mencapai 65-70cm kerika usianya berumur 4 bulan. Itulah mengapa kambing yang satu ini sangat cocok untuk berkurban.

  1. Bobot Kambing

Postur tinggi, tulang yang besar, dan dada yang tebal tentunya dapat menambah berat badan dari kambing Etawa itu sendiri. Untuk pejantan kambing Etawa sendiri bobotnya dapat mencapai 90 hingga 100 kg pada usia 1 tahun. Itulah mengapa kambing Etawa merupakan salah satu jenis kambing yang biasanya digunakan untuk berkurban

Bobot kambung Etawa yang cenderung lebih berat dari kambing pada umumnya membuat kambing ini sangat dicari untuk dijadikan sebagai hewan qurban saat Hari Raya Idul Adha. Selain bobotnya yang berat, kambing ini memiliki kriteria yang pas untuk berkurban sesuai dengan syariat Islam.

Inilah Ciri-Ciri Kambing Etawa Enduro yang Perlu Diketahui

  1. Telinga yang Dimiliki

Kambing Etawa berkualitas super pada umumnya memiliki telinga yang panjang dengan karakteristik telinga yang berbentuk terpilin serta lemas merupakan cirri khas dari kambing Etawa berkualitas super. Telinga jenis ini tentunya cenderung berbeda dengan jenis kambing lain pada umumnya.

Panjang telinga kambing Etawa sendiri dapat mencapai 30-40cm ketika sudah dewasa. Nah panjang telinga dan ciri khas yang dimiliki oleh kambing Etawa tenntunya dapat mempermudah Anda dalam membedakan kambing Etawa berkualitas super dengan kambing jenis lainnya.

  1. Kepala Kambing Etawa

Cirri khas yang dimiliki kambing Etawa slanjutnya adalah bentuk kepalanya yang cenderung memiliki bentuk yang cembung. Tidak semua jenis kembing memiliki bentuk kepala yang seperti ini. Itulah mengapa bentuk kepala kambing Etawa sendiri dapat membantu Anda untuk membedakan dengan jenis yang lainnya.

Mengapa kepala kamping Etawa cenderung berbentuk cembung? Sebab kambing Etawa merupakan jenis kambing super kontes. Itulah mengapa kepala kambing Etawa cenderung memiliki bentuk muka yang cembung. Untuk kambing Etawa jantan sendiri memiliki gelambir tebal yang menggantung di bagian leher kambing.

  1. Tanduk Kambing

Jangan salah pilih, kambing Eatawa pada umumnya tidak memiliki tanduk di bagian kepala. Memang tidak semua jenis kambing Etawa tak semua jenis kambing Etawa tidak memiliki tanduk. Namun, untuk kambing Etawa Senduro sendiri tidak memiliki tanduk karena kambing Etawa Senduro merupakan kambing kontes.

Nah, di atas merupakan beberapa ciri khas yang dimiliki oleh kambing Etawa Senduro. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis kambing Etawa dan kambing lainnya yang berkualitas saat menjelang Idul Adha, sebab ketika menjelang Idul Adha banyak orang yang jual hewan qurban dimana hewan tersebut memang memiliki kriteria yang sesuai untuk dikurbankan.