Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Harga Aki Kering Motor: Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Tahan Lama

Harga Aki Kering Motor: Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Tahan Lama
Like Tweet Pin it Share Share Email

Biasanya kita hanya mengetahui bahwa kendaraan bermotor bisa melaju karena ditenagai oleh mesin motor. Namun tahukah Anda, kendaraan dapat berjalan dikarenakan terjadinya beberapa proses mesin dan komponen lainnya sehingga menghasilkan tenaga sebagai penggerak utama kendaraan. Prosesnya dimulai dari bahan bakar minyak (BBM) yang disedot oleh fuel pump, kemudian diproses di dalam karburator atau fuel injection dengan oksigen, untuk selanjutnya dialirkan ke ruang bakar untuk dilakukan proses pengompersian atau pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang bisa menggerakkan kendaraan bermotor. Terlepas dari beberapa rangkaian proses seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan merupakan bagian yang sangat vital. Komponen yang memiliki peran untuk menyuplai aliran listrik ke semua komponen yang ada pada kendaraan sering juga kita sebut dengan nama accu atau aki. Aki terbagi dalam 2 jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi yang berbeda, yaitu aki kering dan aki basah. Mengingat harga aki kering motor maupun aki basah motor terbilang cukup menguras kantong jika terjadi kerusakan, baik saat Anda membelinya langsung atau dari toko online, maka merawatnya dengan baik dan benar bisa Anda lakukan.

Aki kering umumnya lebih sering digunakan oleh sebagian besar pabrikan otomotif, karena selain praktis juga akan memudahkan pengguna agar tidak perlu lagi mengecek atau memeriksa ukuran airnya serta mudah dalam perawatannya dibandingkan dengan jenis aki basah. Meskipun mudah dalam perawatannya, Anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Anda harus merawat aki kering dengan tepat agar usia pemakaian lebih lama. Aki kering atau MF Battery (Maintenance Free Battery), merupakan komponen yang vital yang berperan untuk menyuplai listrik dengan baik dan sempurna. Agar aki kering yang Anda gunakan bisa berfungsi dengan baik serta awet dan tahan lama, beberapa cara perawatan yang tepat bisa Anda lakukan, seperti yang berikut ini:

  1. Mempergunakan kendaraan sesering mungkin.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan agar aki kering bisa bertahan lama atau awet, pergunakanlah kendaraan motor Anda sesering mungkin. Hal ini bertujuan agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan menghasilkan suplay listrik yang stabil. Jika memang kendaraan bermotor Anda dalam kondisi tidak digunakan, maka Anda bisa memanaskan mesin motor selama 2 sampai 5 menit setiap harinya.

  1. Tetap menggunakan elektrik starter setiap hari.

Aki kering yang awet tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda sendiri, mengingat jika terjadi kerusakan harga aki kering motor cukup menguras keuangan saat Anda membelinya. Nah, cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk perawatannya adalah dengan tetap menggunakan elektrik starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin di pagi hari yang lebih disarankan untuk menggunakan kick starter untuk membantu oli terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen dalam mesin.

  1. Menghindari jalanan rusak dan berlubang yang bisa menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan.

Goncangan pada motor akan mempercepat kerusakan sel-sel pada komponen aki, sehingga cara terbaik untuk merawat aki adalah dengan meminimalkan kendaraan melaju di jalanan yang bergelombang atau tidak rata.

  1. Lakukan pengecekan pada kabel terminal aki dan pastikan dalam kondisi bersih dan tertutup rapat.

Hal ini bertujuan untuk menghindari dari kelembaban yang bisa memicu timbulnya konsleting aliran listrik.

  1. Memastikan komponen kiprok kendaraan berfungsi dengan baik karena salah satu komponen vital untuk proses suplay listrik pada kendaraan.

  1. Lakukan pengisian ulang atau charging jika daya listrik mulai melemah.

Mengingat harga aki kering motor cukup mahal, perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengisian ulang jika kondisi sudah mulai melemah.