Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeParenting

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Like Tweet Pin it Share Share Email

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan tentunya merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan, terlebih lagi kesehatan sang buah hati. Seperti kita ketahui bahwa bayi belum  begitu bias menyampaikan kondisi  kesehatan tubuhnya kepada orang tuanya, maka tidak heran jika seringkali orang tua tidak mengetahui bahwa kesehatan bayinya sedang dalam keadaan serius karena mungkin terlihat sehat secara kasat mata. Sebaliknya juga tidak sedikit orang tua yang panic ketika buah hati mereka rewel oleh karena suatu hal yang ternyata merupakan hal sepele.

Salah satu hal yang sering dilakukan bayi adalah menangis dan sering rewel untuk mengekpresikan keadaan kesehatan tubuhnya, salah satunya bisa karena perut bayi kembung.Hal tersebut terjadi karena meningkatnya jumlah gas yang ada disalah saluran pencernaan bayi. Penigkatan gas dalam saluran perncernaan tersebut terjadi karena pada umumnya bayi dengan usia dibawah 4 bulan organ pencernaan bayi masih belum berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya disebabkan oleh makanan yang di konsumsi oleh sang ibu bayi bayi yang minum ASI. Oleh karena itu jika anda merupakan ibu menyusui maka hindarilah mengonsumsi makanan yang dapat membentuk gas setelah melewati masa pencernaan.

Perut Kembung Pada Bayi

Selain makanan yang di konsumsi oleh ibu, bagi bayi yang telah mengonsumsi makan lain selain ASI juga dapat menimbulkan perut kembung, oleh karena itu ibu harus benar-baner memperhatikan makanan untuk bayi, hindari memberikan bayi sayur brokoli meskipun sayur merupakan makan yang baik. Berikan alternatif sayuran lain untuk bayi anda selain brokoli.

Gejala bayi mengalami perut kembung  selain bayi rewel biasanya bayi juga mengalami sudah tidur, sering bersendawa, kentut atau juga perut bayi menjadi agak keras. Untuk mengatasi perut kembung pada bayi ini cukup perhatikan beberapa hal berikut untuk mencegah dan mengobati perut kembung pada bayi anda :

  • Pada saat menyusui baik susu ASI ataupun susu dengan menggunakan botol selalu posisikan kepala bayi anda lebih tinggi daripada perut bayi agar air susu yang diminum oleh bayi dapat segera turun ke perut bayi dan udara dalam perut bayi akan keluar melalui sendawa bayi.
  • Cara selanjutnya adalah dengan membuat bayi anda bersendawa ketika bayi selesai makan ataupun selesai minum susu. Cara untuk membatu bayi bersendawa adalah dengan membaringkan bayi secara terlentang selama beberapa menit saja, kemuadian bangunkan bayi anda secara hati-hati. Dengan cara tersebut akan berguna memaksa gelembung udara naik keatas perut bayi kemudian keluar dari perut melaui sendawa bayi.
  • Cara aman mengatasi perut kembung pada bayi juga dapat dilakukan dengan memijat tubuh bayi dengan benar menggunakan minyak kayu putih, salah satunya dengan mengusap punggung bayi secara perlahan dan lembut, sera usap juga bagian perut bayi dengan minyak kayu putih.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat sebelum jam 5 sore juga dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi perut kembung. Hal sepele ini memang sudah umum diketahui oleh para ibu, namun banyak juga yang masih belum melakukanya. Jangan lupa untuk memberikan minyak kayu putih setelah bayi mandi dan memakaikan bayi anada pakaian yang rapat dan hangat.
  • Perhatikan susu bayi anda, apakah bayi anda memiliki intoleransi terhadap laktosa. Apabila bayi anda selalu mengalami perut kembung ataupun diare kami sarankan untuk menghentikan terlebih dahulu baru kemudian mencobanya kembali ketika umur bayi anda telah bertambah atau menggantinya dengan susu formula yang lain.

Perut kembung pada bayi ini memang merupakan salah satu perasalahan yang sudah umum dan sering dialami oleh bayi terutama pada bayi di bawah satu tahun. Untuk itu peran orangtua sangat penting untuk mencegah dan mengatasi permasalahan ini dengan cara yang aman dan memperhatikan perawatan bayinya dengan baik.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *