Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeKesehatan

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Saat Tumbuh Gigi Bungsu

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Saat Tumbuh Gigi Bungsu
Like Tweet Pin it Share Share Email

Masa tumbuh gigi biasanya disertai dengan gusi yang membengkak. Gigi memiliki jenis dan bentuk yang beragam, yaitu gigi taring, gigi susu, gigi seri, serta gigi geraham. Gigi manusia akan terus bertambah dan berubah strukturnya seiring pertambahan usianya. Gigi susu hanya tumbuh saat anda berada pada fase balita. Ketika anda mulai menginjak remaja, gigi susu berganti dengan gigi seri. Jumlahnya akan terus bertambah bersama gigi taring dan geraham sampai anda dewasa.

Rata-rata orang dewasa memiliki gigi sebanyak 32. Setelah dewasa anda akan mendapatkan gigi bungsu, ketika gigi ini muncul maka pertumbuhan gigi sudah tetap. Letak gigi bungsu berada di bagian ujung paling belakang dalam lengkungan rahang. Pertumbuhan gigi ini bisa terjadi secara normal atau pun tidak, masing-masing orang akan berbeda. Masalah yang sering muncul ketika gigi ini tumbuh, saat dia akan menembus gusi sering timbul rasa sakit. Rasa sakit yang muncul dapat berulang dalam kurun waktu tertentu.

Ketika mahkota gigi tidak dapat tumbuh sempurna menembus lapisan kulit gusi, timbulah infeksi akut karena banyak bakteri terselip yang terkumpul dari apa yang kita makan. Gejala infeksi yang muncul adalah pembengkakan, kemerahan, peradangan, sakit pada saat ditekan, mengeluarkan darah, bahkan sampai bernanah. Infeksi yang timbul dapat berimbas buruk pada kerusakan gigi disekitarnya. Untuk mencegah keadaan semakin memburuk, anda memerlukan cara mengatasi gusi bengkak tersebut.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Saat Tumbuh Gigi Bungsu

Pengempesan Gusi Bengkak Dengan Obat Alternatif

Obat dan cara mengatasi gusi bengkak haruslah tepat. Sebagai alternatif jika enggan menghampiri dokter gigi, untuk gusi bengkak karena pertumbuhan gigi bungsu dapat diobati dengan bahan sederhana. Buatlah ramuan obat kumur dari larutan garam dan air hangat. Larutan ini bermanfaat membersihkan rongga mulut, bagian gigi serta gusi, dari berbagai bakteri. Segeralah berkumur dengan larutan ini ketika anda mulai merasakan nyeri.

Metode ini tidak dapat langsung mengempeskan gusi bengkak, maka lakukan minimal 3 kali sehari. Selain sebagai pelarut, air hangat dapat diaplikasikan langsung untuk mengompres bagian pipi yang dekat dengan gusi bengkak. Cara ini akan meredakan rasa nyeri pada gusi anda.

Pembengkakan gusi dapat pula anda kempeskan dengan menggunakan kantong teh celup bekas seduhan. Caranya mudah saja, tempelkan kantong teh celup yang masih hangat pada gusi yang bengkak. Lakukan setiap hari agar hasil maksimal. Herbal dari tumbuhan juga mujarab meringankan gusi bengkak. Gunakan herbal urang-aring yang telah dipanggang dan ditumbuk halus untuk dibubuhkan ke bagian gusi yang bengkak. Dengan perlakuan yang sama, dapat anda manfaatkan tanaman bayam duri yang sudah dikeringkan. Jika nyeri dan bengkak tidak kunjung sembuh, jangan enggan lagi untuk pergi ke dokter.

Description: Cara mengatasi gusi bengkak pada pertumbuhan gigi bungsu bisa anda lakukan secara berkala dengan obat alami. Jika gusi bengkak tidak kunjung kempes, lebih baik konsultasikan pada dokter. Ada kemungkinan tindakan lanjutan supaya gigi anda tumbuh sempurna.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *