Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Cara Mengatasi Aki Motor yang Tekor dengan Mudah dan Tepat

Cara Mengatasi Aki Motor yang Tekor dengan Mudah dan Tepat
Like Tweet Pin it Share Share Email

Aki motor tidak hanya bergantung pada perawatan serta pemakaian dari aki sepeda motor Anda, akan tetapi untuk kendaraan ini pun juga memiliki peran yang sangatlah penting dalam menjaga performa kendaraan motor yang Anda miliki, terlebih lagi untuk melakukan perawatan pada aki kendaraan motor itu sendiri pun juga sangatlah perlu untuk dilakukan agar aki kendaraan Anda tetap terjaga dengan sebaik mungkin agar Anda bisa untuk tetap menjaga performa kendaraan Anda tetap terjaga dengan baik.

Suplay listrik maupun pada sistem pengisian aki ini pun juga menjadi faktor penentunya, sehingga hal inilah yang menjadikan diri Anda harus memeriksa bagian ini secara rutin. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka hal inilah yang akan menjadikan diri Anda mampu untuk memiliki kendaraan yang nyaman untuk Anda gunakan dengan aman pada saat berada di jalanan, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu merasa kebingungan lagi pada saat Anda mengalami kerusakan pada kendaraan Anda karena memang untuk aki kendaraan motor ini akan mempengaruhi pada kelistrikan yang ada pada kendaraan Anda.

Sedangkan setelah penggunaan aki ini pun juga tergantung pada kestabilan pada saat melakukan pengisian, karena pada saat mesin kendaraan hidup maka kumparan spul nantinya akan menghasilkan listrik yang telah dikontrol regulator, sehingga listrik inilah yang nantinya akan mengisi pada aki motor. Sedangkan untuk besarnya pengisian pada aki pun juga haruslah sesuai atau pas, sehingga tidak boleh kurang dan juga tidak boleh berlebihan, sehingga pada saat melakukan pengisian, maka perhatikan segala halnya dengan sebaik mungkin.

Apabila pengisian pada aki kurang dari kebutuhan, maka listrik pada aki itu pun juga akan mengalami tekor atau habis, begitupun juga dengan sebaliknya apabila terlalu berlebihan, maka aki pun juga akan mendapatkan tekanan yang terlalu banyak, dan hal ini pun juga akan menyebabkan mengembung dan tentunya hal ini pun dapat menyebabkan kerusakan pada aki. Aki dapat diibaratkan seperti ember yang berisi air dan dengan kran yang ada di atasnya. Begitu juga dengan kendaraan apabila dinyalakan lampunya atau membunyikan klakson pada saat mesin kendaraan dalam keadaan mati, maka hal inilah yang akan menjadikan aki tidak dapat menyuplai listrik dan aki pun juga akan berkurang.

Mengingat bahwa untuk aki pada kendaraan ini sangatlah penting perannya, tanpa adanya aki, maka mesin kelistrikan yang ada pada kendaraan motor itu sendiri pun tentunya juga dapat bekerja secara optimal, sehingga hal ini dapat menyebabkan kendaraan motor tidak dapat bekerja dengan baik, termasuk pada bagian lampu, klakson atau bagian lainnya yang membutuhkan daya kelistrikan dari aki itu sendiri.

Untuk mengetahui atau memastikan bahwa pengisian aki Anda sudah tepat dan sesuai, maka Anda dapat untuk menggunakan ampere meter atau cara yang paling mudah Anda lakukan yaitu dengan menggunakan volt meter untuk mengecek tegangan, karena untuk alat ini mampu untuk menjadi multitester biasa yang mana untuk alat ini sudah tersedia banyak di pasaran.

Melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala pada aki motor adalah hal yang perlu untuk dilakukan agar aki kendaraan Anda selalu dalam keadaan yang stabil serta Anda pun tidak akan mengalami kendala apa pun pada aki kendaraan Anda tersebut. Karena pada dasarnya dengan melakukan perawatan dan pengecekan yang dilakukan secara rutin inilah yang mampu menghindarkan dari segala kerusakan apa pun.