Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeTechno

Cara Memilih Data Center Indonesia Terbaik untuk Perusahaan Anda

Cara Memilih Data Center Indonesia Terbaik untuk Perusahaan Anda
Like Tweet Pin it Share Share Email

Di zaman serba canggih seperti ini, menempatkan aset digital perusahaan haruslah dipercayakan kepada penyedia layanan data center Indonesia yang memiliki kredibilitas tinggi. Kualitas data center yang dipakai pastilah menentukan lancar tidaknya operasional IT perusahaan tersebut. Selain memiliki aksesabilitas dan juga skalabilitas yang tinggi, data center Indonesia yang dipilih haruslah memenuhi beberapa ciri berikut ini.

  1. Pilih Lokasi Data Center sesuai prasyarat

Data center yang dipilih akan lebih baik jika berlokasi di lingkungan yang sejuk seperti Bogor. Memilih data center di Bogor akan lebih baik daripada data center di Jakarta. Apa alasannya? Jawabannya adalah karena seluruh perangkat IT adalah perangkat listrik yang cukup riskan terhadap suhu panas. Oleh sebab itulah, setiap data center dilengkapi dengan cooler dan juga pengatur kelembaban. Selain itu, pilihlah data center yang berada di lokasi yang tidak rawan banjir. Jika infrastruktur data center berada di ruang dasar, seperti genset, tangki pendingin, dan panel kelistrikan maka akan mempengaruhi kualitas data center perusahaan Anda.

  1. Keamanan data center

Kedua yang harus Anda perhatikan adalah keamanan data center. Aman tidaknya data center ditentukan oleh empat hal. Pertama, pilihlah collocation data center yang memiliki gedung sendiri dengan keamanan maksimal. Dengan begitu Anda akan dapat mengawasi siapa saja yang keluar masuk dalam gedung dan untuk kepentingan apa. Kedua, Adanya security team. Tiap collocation data center yang profesional harus memiliki tim keamanan yang handal untuk menjaga terjadinya kebobolan. Ketiga, dilengkapi dengan keamanan jaringan. Keamanan jaringan bisa dilihat dengan adanya antivirus yang selalu di update serta sistem firewall untuk menjaga keamanan dan kelancaran akses data Anda. Terakhir, pastikan data center yang dipilih memiliki sertifikat ISO/IEC 27001:2013 yang merupakan standar prosedur pendirian provider.

Data Center Indonesia Terbaik

  1. Keandalan data center

Untuk memastikan perusahaan Anda bisa melakukan akses data kapanpun dan tanpa halangan apapun, pilihlah data center Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pencegahan dan penanggulangan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus dan lain sebagainya. Selain itu, adanya sistem pendingin dan sistem kelistrikan yang didukung dengan catu daya juga sangat dibutuhkan untuk mengatasi kendala akses data perusahaan.

  1. Skalabilitas data center

Data center yang memiliki kualitas unggul pastilah harus memiliki skalabilitas. Maksudnya ialah data center yang dipilih bisa memenuhi segala kebutuhan klien. Jika suatu saat Anda ingin memperluas ruang data center perusahaan, maka pihak collocation akan secepatnya meng”iya”kan dan mewujudkan segera permintaan Anda.

Jika perusaahan Anda melengkapi akses data dengan cara memilih data center Indonesia yang berkualitas dengan ciri-ciri diatas, besar kemungkinan kelancaran akses informasi tidak akan terkendali dalam kondisi apapun.

Next Logo

 

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *