Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeEditor Pick

Cara Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir

Cara Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir
Like Tweet Pin it Share Share Email

Di kota besar, ketika musim hujan tiba pasti tidak akan selalu datang banjir. Seperti sebuah agenda yang selalu terjadi. Ketika mobil anda terkena banjir, tentunya akan banyak kerusakan spare part yang terjadi. Apalagi harus terendam air dalam waktu yang lama. Banyak orang yang memilih untuk menjual mobilnya setelah terkena banjir. Oleh karena itu lebih baik untuk mengasuransikan mobil anda. Jadi ketika mobil terendam banjir, anda tak perlu khawatir dengan semua biaya perbaikan yang harus dibayarkan. Anda bisa langsung klaim asuransi mobil garda oto anda ketika terkena banjir. Pilih paket yang menyediakan layanan untuk klaim mobil akibat banjir.

Persiapan Yang Dilakukan

Jika anda memang tinggal di daerah yang rawan banjir. Wajib melakukan persiapan ini. Supaya nantinya cara mengklaim asuransi mobil anda akan lebih mudah. Ketika membeli asuransi untuk mobil, baca semua yang tertulis di polis. Terutama pada point perlindungan mobil akibat banjir. Biasanya ada bagian perluasan asuransi. Jadi ketentuan ini diluar point asuransi umum yang anda dapatkan. Kalau di polis tersebut tidak ada perluasan untuk banjir, langsung hubungi saja pihak perusahaan. Supaya anda bisa langsung ditambahkan ke perluasan asuransi tersebut. Jadi kalau daerah anda sangat rawan banjir, segera lakukan persiapan asuransi untuk banjir.

Peraturan Pemerintah Tentang Premi Banjir

Pada saat klaim asuransi mobil garda oto, anda harus paham tentang premi yang harus dibayarkan. Ada aturan khusus dari pemerintah mengenai regulasi premi untuk bencana banjir atau bencana alam lainnya. Kebijakan ini teratur pada surat edaran no SE06/D.05/2013 tanggal 31 desember 2013. Isinya tentang tarif premi dan biaya akuisisi. Dengan adanya peraturan ini, harga premi untuk banjir atau bencana alam di semua perusahaan asuransi sama. Jadi tidak ada persaingan dari berbagai pihak.

Tahapan Klaim Asuransi Banjir

Untuk proses klaim asuransi banjir cukup mudah. Anda harus tahu bahwa terkena banjir ini, juga ada ketentuan tertentu. Kalau anda sengaja menenggelamkan mobil anda di genangan air, tentunya hal ini tidak bisa di klaim. Atau anda sengaja menerebos banjir dan lainnya. Jadi pastikan untuk membaca semua syaratnya dengan jelas. Langkah pertama yang dilakukan tentunya menghubungi pihak garda oto. Nanti anda akan diinformasikan posisi kantor terdekat dari lokasi anda. Langsung putuskan semua koneksi aki di mobil dan jangan hidupkan mobil anda.

Segera lakukan evakuasi secepat mungkin. Sehingga kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. Jangan lupa untuk melengkapi semua dokumen klaim asuransi mobil garda oto yang diperlukan. Proses pelaporannya sekitar 3×24 jam. Jadi jangan sampai lewat dari waktu klaim tersebut. Nanti pihak garda oto akan langsung melakukan tindakan.