Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Cara Alami Mengatasi 3 Masalah Kulit yang Sering Dialami Kamu, Ladies!

Cara Alami Mengatasi 3 Masalah Kulit  yang Sering Dialami Kamu, Ladies!
Like Tweet Pin it Share Share Email

Sebagai kaum wanita, kamu pasti pernah punya angan-angan untuk memiliki rambut tebal, panjang dan kuat. Punya wajah putih cantik bebas jerawat dan komedo, atau memiliki tubuh ramping tinggi semampai. Tapi apakah definisi cantik secara fisik harus memenuhi kriteria tersebut?

Kayaknya kuno banget deh kalau kamu masih menyamakan kriteria ini. Padahal wanita dengan kulit eksotis macam Laura Muljadi si model itu cantik juga, kemudian ada lagi Pricilla nasution yang juga berkulit kecoklatan nyaris tak pernah terlihat jelek.

Lalu apa sih sebenarnya yang bisa membuat kulit seseorang terlihat cantik dan memukau? Gimana cara mendapatkannya? Sejatinya kulit yang kamu miliki sejak lahir itu sudah cantik. Kamu cantik meski tanpa banyak usaha.

Namun kadang kecuekan, atau perasaan iri pada gadis lain yang membuat kamu mencoba produk ini itu agar kulit jadi begini atau begitu adalah alasan kenapa kulitmu kurang cantik maksimal. Tak apa, banyak kok wanita yang seperti kamu. Sekarang coba kamu perhatikan lekat-lekat warna dan tekstur kulitmu lalu temukan cara agar kulit terlihat lebih sehat dan cantik.

Warna eksotik akibat matahari

1. Di Kulitku Ada Cap Bentuk Jam Tangan

Kulit selalu melindungi organ dalam tubuh setiap waktu. Kamu yang sering pergi ke luar ruangan pasti merasakan masalah ini. Untuk menghindari warna kulit yang belang atau hanya menghitam di beberapa tempat, kamu bisa menggunakan sunblock yang memiliki SPF cukup tinggi.

Gunakan juga sarung tangan atau topi jika kamu harus ada di bawah terik matahari dalam jangka waktu yang lama. Keadaan kulit yang menghitam sebenarnya adalah bagian dari proses penyesuaian diri untuk melindungi dari sengatan matahari.

Jika warna kulitmu terlanjur menua, buatlah masker alami yang berbahan lemon dan madu. Peras lemon, dan campurkan dengan madu. Balurkan di tempat yang tersengat matahari berlebih secara teratur, maka bagian belang akan berangsur-angsur menghilang

Masker Lemon dan Madu

Selain peawatan diatas, kamu juga harus menjaga kelembaban kulit setelah berpanas-panas di bawah terik matahari ya. Jika kulitmu kering, maka akan aura kecantikan kulitmu akan berkurang. Kamu harus rajin mengusapkan lotion meskipun tidak pergi kemana-mana.

Pilihlah lotion yang kandungannya lebih alami. Sekarang ini banyak kok lotion berbahan organik yang bisa menjaga kelembaban kulit, bahkan melindungi kamu dari sinar ultraviolet. Jika kamu ingin efek yang lebih baik dan cepat, kamu bisa juga gunakan lulur mandi yang berbahan bengkoang.

Bengkoang memiliki kandungan alami untuk memutihkan kulit. Gunakan lulur setiap hari, agar perubahan warna kulit bisa terlihat lebih cepat. Sebenarnya akan lebih aman jika kamu menggunakan bengkoang asli yang diparut/ dihaluskan.

Putri keraton zaman dulu juga biasanya menggunakan lulur alami (tapi nggak marut sendiri sih) berbahan bengkoang atau beras kencur. Sekarang sih versi instannya sudah bisa kamu temukan dimana-mana. Jadi tidak usah repot-repot blender bengkoang setiap pagi.

2. Kulitku nggak bercahaya nih, kusam!

Kulit cantik bercahaya

Kulit tak bercahaya bisa tejadi karena kulitmu kering atau kotor. Kulit kering ini sebabnya ada dua. Yang pertama memang bawaan kamu dari lahir, atau kedua adalah akibat dari kurangnya rasa sayang kamu ke kulit.

Nah yang kedua ini nih yang bisa jadi masalah. Kalau kamu memang diberikan kulit kering oleh Tuhan, kamu harus benar-benar menjaganya. Mengapa? Karena kamu termasuk orang yang akan jarang merasakan derita jerawat atau komedo, namun akan mudah terlihat kusam tak bercahaya.

Hal ini dikarenakan jumlah minyak di bawah lapisan kulit kering memang berbeda dengan mereka yang berkulit normal. Namun karena jarang berjerawat atau berminyak kamu jadi malas mengurus kulit. Malas cuci muka, atau scrubbing padahal kemalasan ini akan menimbulkan masalah-masalah baru.

Salah satunya adalah kemungkinan untuk kulit terlihat glowing jadi berkurang. Supaya tetap cantik dan bercahaya, kamu harus mengusapkan pelembab secara teratur. Pilihlah krim khusus untuk kulit kering yang biasanya memiliki lebih banyak kandungan air.

Makan buah dan sayur

Untuk kulit badan, tentu kamu harus pakai lotion. Biasanya lotion untuk kulit kering menggunakan bahan alami misalnya lidah buaya, madu, minyak kelapa dan lain-lain. Kamu juga harus sering minum air putih dan mengkonsumsi buah serta sayur agar kulit tidak dehidrasi.

Kurangi mandi dengan air hangat, karena kelembaban kulit akan semakin terkikis jika terpapar air hangat terlalu lama. Jika kamu harus mandi air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu panas. Karena jika kulitmu tidak kuat menahan panasnya air, kulitmu akan berubah kemerahan bahkan gatal.

3. Aduh, jerawatan lagi

Jerawat di hidung

Semua jenis kulit sangat mungkin berjerawat. Jerawat ini merupakan tanda bahwa hormon tubuhmu bekerja. Kadang kalau sedang datang bulan, jerawat juga bermunculan. Atau jika kamu lalai membersihkan muka setelah beraktivitas, komedo akan mulai muncul menutup pori-pori kulit.

Kalau kamu sudah kena jerawat dan komedo kamu harus benar-benar memperhatikan keadaan kulitmu, ya. Seringlah membersihkan muka dengan sabun yang tidak terlalu keras bahannya. Sekali lagi bahan alami memang jauh lebih baik.

Jangan buru-buru berpikir untuk menghilangkan jerawat secara instan. Segala sesuatu yang instan pasti punya efek samping. Entah akan mengurangi kelembaban kulit, atau bahkan merusak kulit itu sendiri.

Bersabarlah, dan coba hilangkan jerawat secara bertahap. Kamu bisa tetap membersihkan wajah secara rutin, dan menggunakan masker berbahan alami. Cobalah buat masker yang berbahan oatmeal, yoghurt, dan lemon.

Caranya, campur 1 sendok oatmeal, dan yoghurt, kemudian tetsi dengan lemon. Aduk rata lalu oleskan ke wajah, tunggu hingga mengeras. Kalau kamu tidak sempat membuat ramuan tersebut, kamu bisa mengandalkan madu untuk membantu meringankan jerawat di wajah.

Masker wajah

Mentimun, pepaya, nanas, dan putih telur juga bisa kamu gunakan untuk membuat masker anti jerawat. Kamu harus disiplin dalam menggunakan masker tersebut, karena penyembuhan jerawat tidak bisa hanya dilakukan sekali.

Selama kulit berjerawat, ada baiknya kamu meminimalisir penggunaan makeup gunakanlah bedak khusus untuk wajah berjerawat, kemudian langsung bersihkan jika kamu selesai beraktivitas. Jangan biasakan menimbun make up berkali-kali karena akan menumpuk kotoran berlebih.

Jika ingin tampilan menawan setiap saat, lebih baik kamu bilas dan bersihkan makeup di wajahmu baru sapukan kembali bedak dan lipstik. Tanpa make up berlebih kamu juga cantik kok asalkan kamu bisa menjaga kulit dan wajah tetap segar dan bersih.

Masalah cewek ternyata bukan masalah besar ya, kamu bisa tampil cantik dengan warna kulit apapun. Wanita Indonesia patut berbangga karena ada beragam warna kulit disini. Ada yang putih bersih, putih langsat, kuning langsat, hingga cokelat.

Saat ini kamu juga tidak perlu memaksakan warna kulitmu jadi lebih putih karena bedak yang dijual di pasaran sudah tersedia dalam banyak warna. Kamu tinggal cocokkan dengan warna kulitmu dan pesona cantikmu akan terpancar.

So, cantik dan menarik tak lagi seragam ya. Cantik adalah mensyukuri yang telah kamu miliki dan berani jadi dirimu sendiri. Selamat menjadi cantik wanita Indonesia.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *