Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

Beberapa Kesalahan Ini Ternyata Kerap Dilakukan Pengemudi Mobil Manual

Beberapa Kesalahan Ini Ternyata Kerap Dilakukan Pengemudi Mobil Manual
Like Tweet Pin it Share Share Email

Biasanya pengemudi mobil manual dianggap lebih ahli dibandingkan pengemudi mobil matic. Padahal anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Masih banyak pengemudi mobil manual yang melakukan kesalahan ketika berkendara.

Setidaknya beberapa kesalahan ini harus mulai kita sadari dan hindari sedini mungkin ketika mengendarai mobil manual:

Kaki Selalu Menginjak Kopling

Mayoritas para pengemudi mobil manual menganggap bahwa kaki yang selalu menginjak kopling adalah hal wajar. Karena hal tersebut dianggap sebagai bentuk kesiagaan. Sebenarnya menginjak kopling terus-menerus hanya akan membuat cakram koplin cepat aus. Alangkah lebih baik bila kita mengistirahatkan kaki kiri saat mobil sedang melaju normal.

Tidak Menginjak Kopling Secara Penuh Saat Perpindahan Gigi

Ketika melakukan perpindahan gigi, kita wajib menginjak kopling secara penuh. Menginjak setengah kopling saat memindahkan gigi hanya akan membuat komponen dog clutch lekas rusak. Kalau hal ini dibiarkan terus-menerus, tentu saja risiko kerusakan mobil akan semakin besar.

Malas Menyesuaikan Kecepatan Mobil dan Posisi Gigi

Setiap posisi gigi pada mobil manual diperuntukkan untuk kecepatan tertentu. Jika kita malas memindahkan gigi, maka mobil akan lebih boros tenaga dan bahan bakar. Ketika mengendarai mobil dengan kecepatan rendah, kita wajib memposisikan gigi pada keadaan rendah. Demikian pula sebaliknya jika kita mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Terlalu Buru-Buru Menginjak Gas

Sewaktu mulai berkendara di jalanan yang rata, kita sebenarnya tak perlu langsung menginjak gas. Melepas kopling sedikit demi sedikit sudah cukup untuk membuat mobil melaju perlahan-lahan. Hal ini ternyata juga bermanfaat untuk menghemat bahan bakar. Karena menginjak gas mobil terus menerus tentu membuat bahan bakar jadi cepat habis.

Jarang Memanfaatkan Rem Tangan

Penggunaan rem tangan saat berada di kondisi macet membuat kita tak perlu menahan kopling terus-terusan. Jadi, alangkah lebih baik jika kita membiasakan diri menggunakan rem tangan. Kita juga harus melakukan hal yang sama ketika berhenti pada posisi tanjakan.

Keahlian mengemudi yang baik juga harus disertai dengan perlindungan dari asuransi mobil terbaik. Sehingga kita tak perlu khawatir dengan risiko tak terduga yang dapat terjadi pada mobil kita. Manfaat asuransi mobil yang berkualitas akan memproteksi mobil kesayangan kita setiap saat. Sudah memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan saat ini?