Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeKesehatan

8 Makanan Sehat untuk Anak agar Tumbuh Kembangnya Optimal

8 Makanan Sehat untuk Anak agar Tumbuh Kembangnya Optimal
Like Tweet Pin it Share Share Email

Asupan gizi untuk anak tak boleh luput dari perhatian. Kesehatan tubuh dan kecerdasan otak si kecil harus diutamakan. Pemberian makanan sehat untuk anak secara lengkap dan teratur dapat menunjang tumbuh kembangnya yang optimal. Sebagai orang tua yang baik, berikanlah nutrisi dari 8 makanan sehat ini demi pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda.

  1. Sayur Hijau

Sayuran berdaun hijau sangatlah baik untuk asupan gizi anak, di antaranya bayam, sawi, selada, dan masih banyak lagi. Kandungan zat besi dan folat di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, memperkuat otot, serta memicu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dalam tubuh.

Makan sayuran hijau juga akan memperlancar pencernaan karena serat alaminya. Anda bisa membuat aneka menu makanan sehat untuk si kecil. Masaklah sayuran hijau dengan cita rasa yang lezat, tambahkan lauk pelengkap yang bergizi (telur, daging ayam, bakso, dll.), kemudian sajikan secara menarik. Dijamin, nafsu makan si kecil langsung meningkat.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu lauk lezat dengan kandungan protein hewani yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan vitamin A, B12, D, serta E, dalam kuning telur juga akan membantu pertumbuhan. Mineral kolin di dalamnya juga mampu mendukung perkembangan otak balita.

  1. Tahu

Sumber protein selanjutnya adalah tahu. Anda dapat mengolah tahu menjadi aneka menu yang menarik, seperti tahu goreng crispy, tahu bacem, dan sebagainya. Aneka olahan tersebut bisa memicu selera makan anak, sehingga mau mengonsumsi tahu demi pertumbuhan sel tubuh yang optimal. Tahu adalah pengganti asupan protein jika anak mengalami alergi telur.

  1. Salmon

Ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 tentu berkhasiat sangat baik bagi tubuh anak. Khasiatnya antara lain mampu menjaga perkembangan otak, menurunkan risiko inflamasi, serta mencegah depresi. Karena ikan rasanya lezat, pasti anak Anda akan sangat gemar mengonsumsinya. Akan tetapi, tetaplah untuk memvariasikan menu lauk si kecil.

  1. Kedelai Hitam

Makanan sehat selanjutnya adalah kedelai hitam yang terkenal dengan kandungan proteinnya yang memadai. Selain sebagai sumber protein, kedelai hitam mengandung serta alami dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Dengan khasiat kedelai hitam yang mampu meregenerasi sel dan menguatkan tulang dan gigi, maka sangat tepat jika si kecil mengonsumsinya.

  1. Buah-Buahan

Unsur terakhir dalam makanan 4 sehat adalah buah-buahan sebagai pencuci mulut. Buah yang dikonsumsi setelah makan tentu membantu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin dan mineral. anda bisa mengonsumsi buah-buahan secara bergantian, misalnya pisang, apel, anggur, pepaya, dan sebagainya.

  1. Sereal

Sereal juga penting bagi si kecil. makanan sehat ini bisa dipilih sebagai variasi makanan ketika si kecil mulai merasa bosan. Pilihlah sereal yang aman dikonsumsi dan mempunyai kandungan gizi sesuai umur anak. Nutrisi yang terkandung dalam sereal meliputi zat besi, vitamin, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

  1. Susu

Setelah mengonsumsi makanan 4 sehat, maka selanjutnya adalah melengkapinya agar sempurna dengan susu. Pilihlah susu terbaik untuk anak yang mengandung nutrisi lengkap dan tentunya aman. Susu formula anak dari Wyeth Nutrition yang beragam mulai dari rasa hingga tingkatan usia bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin susu terbaik untuk anak.

Kandungan nutrisi dari setiap produk yang dibedakan berdasarkan usia ini mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan demikian, kelengkapan makanan 4 sehat 5 sempurna yang berguna bagi tubuh dapat diwujudkan.

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah panduan asupan makanan untuk di kecil. Berbagai bahan makanan sehat untuk anak itu bisa diberikan secara teratur dan berkelanjutan. Makanan sehat bernutrisi seimbang tersebut mampu menunjang tumbuh kembang optimal. nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan itu bisa diperoleh juga dari susu formula sehat.