Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

5 Trik Jitu Bikin Sepatu Kulit Awet Bertahun-tahun

5 Trik Jitu Bikin Sepatu Kulit Awet Bertahun-tahun
Like Tweet Pin it Share Share Email

Sepatu kulit banyak diminati baik laki-laki mau pun perempuan bahkan dari yang mudah hingga yang tua. Kualitas sepatu kulit yang tahan lama menjadi salah satu alasan sepatu ini menjadi favorit. Sepatu obermain bisa menjadi pilihan Anda dalam mendapatkan sepatu kulit. Anda juga perlu melakukan perawatan yang benar agar sepatu kulit awet hingga bertahun-tahun.

  1. Jaga Kelembapan Sepatu

Udara lembap dapat menyebabkan timbulnya jamur dan bahkan bisa membuat sepatu Anda menjadi lapuk dan akhirnya tidak layak dipakai. Anda harus menjaga kelembapan sepatu dengan tidak meletakkannya di tempat yang bersuhu lembap seperti di dalam kamar.

Cara untuk menjaga kelembapan bisa dengan meletakkan sepatu Anda ke dalam kotaknya kembali dengan silica gel yang dimilikinya. Anda bisa membeli silica gel jika tidak mendapatkannya saat membeli. Solusi lainnya Anda bisa mengganti fungsi silica gel dengan menggunakan koran bekas yang juga bermanfaat untuk menyerap bau pada sepatu.

Sesekali sepatu kulit Anda perlu dijemur untuk menjaga kelembapannya. Jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung namun tidak perlu terlalu lama karena dapat merusak tekstur sepatu kulit Anda. Cukup menjemurnya paling lama satu jam saja.

  1. Penyimpanan yang Benar

Jika Anda menyimpan sepatu kulit dengan posisi letak yang lalai maka akan mengakibatkan tekstur sepatu kulit menjadi cepat rusak. Letakkan sepatu kulit berjarak dengan sepatu jenis lainnya tujuannya untuk menghindari gesekan yang menyebabkan noda baret. Terlebih jika sepatu obermain kulit Anda memiliki tekstur yang lembut dan mudah tergores.

  1. Gunakan Spray-On Waterproofing

Penggunaan spray-on waterproofing pada sepatu kulit bermanfaat untuk melapisi sepatu kulit Anda dari air. Caranya sangat mudah dengan menyemprotkan spray-on waterproofing ke seluruh bagian sepatu kemudian tunggu sekitar 30 menit. Anda bisa menggunakannya sekali tiga bulan agar dapat berfungsi dengan optimal.

  1. Semir Sepatu

Semir sepatu yang Anda gunakan dapat membuat warna pada sepatu terjaga bahan menjadi lebih bagus. Gunakan semir yang warnanya paling mirip dengan sepatumu dan lakukan penyemiran secara satu arah. Semir sepatu juga bermanfaat untuk melindungi sepatu kulit Anda dari retak-retak tipis pada lapisan kulitnya. Gunakan sikat sepatu yang lembut dan semir berbahan krim.

  1. Gunakan Alat Pembersih

Alat pembersih sepatu yang bisa Anda gunakan pada sepatu kulit yaitu menggunakan bahan kain lap yang lembut dengan ari yang bersih. Anda bisa menggunakan sabun khusus kulit (saddle soap) untuk sepatu kulit Anda.

Selain itu, bisa menggunakan minyak cerpelai (mink oil) sebagai alat pembersih dan juga bedak talk atau bedak bayi. Mencuci yang aman juga dapat dilakukan dengan menggunakan sponge karena permukaannya yang halus dan lembut. Terlebih pada sepatu kulit yang sangat sensitif dengan bahan kombinasi beludru sehingga tidak menimbulkan scratch pada sepatu Anda.

Setelah dicuci Anda bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari atau menggunakan dryer. Penjemuran di bawah sinar matahari jangan terlalu lama sedangkan jika pengeringan dengan dryer sepatu terlebih dahulu dilapisi koran bekas. Fungsi koran untuk menghindari panas berlebih yang menyerap ke lapisan kulit sepatu.

Daya tahan sepatu juga berpengaruh dari cara Anda merawatnya. Perawatan yang benar dan tepat akan membuat sepatu awet dan tahan lama tanpa memudar. Anda bisa memilih sepatu kulit untuk ke kantor yang tersedia di https://9to9online.co.id dengan berbagai pilihan desain sepatu dan juga warna. Selain sepatu kulit formal juga tersedia sepatu kulit jenis lainnya.