Selamat Datang di www.startaniche.com, website yang Mengulas informasi seputar kesehatan, lifestyle, android, traveling, parenting dll. Semoga anda menemukan apa yang anda cari disini. Terima Kasih

HomeLifestyle

5 Jenis Aplikasi yang Wajib Dimiliki Oleh Pemilik Online Shop

5 Jenis Aplikasi yang Wajib Dimiliki Oleh Pemilik Online Shop
Like Tweet Pin it Share Share Email

Online shop tidak hanya membantu para pembeli yang terlalu sibuk hingga tidak sempat mengunjungi toko fisik untuk membeli suatu barang, tapi juga merupakan sumber penghasilan bagi anak muda dengan modal minim. Barang yang dijual di online shop pun beragam. Mulai dari barang berharga terjangkau seperti baju, aksesoris, bahan kerajinan tangan, CD, sepatu, hingga barang berharga jutaan seperti ponsel dan kamera, semua bisa ditemukan di online shop.

Mengapa bisa dijalankan dengan modal minim? Tentunya karena online shop tidak membutuhkan toko fisik untuk memajang barang, melainkan hanya butuh menginstal aplikasi sosial media seperti Instagram dan Facebook sebagai “toko”. Selain itu, ada juga sistem reseller dan pre order di mana pemilik online shop tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk stok barangnya. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat ini kamu dapat menemukan online shop berjamuran di media sosial.

Kamu ingin memiliki online shop juga tapi masih ragu? Untuk bayangan, kamu bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya kalau kamu rajin dan pintar dalam memasarkan produk. Kemudian, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk ke kantor atau toko karena semuanya bisa dikerjakan dari rumah atau di mana pun selama ada koneksi internet yang stabil. Jika kamu menggunakan Axis untuk operator seluler, pastikan paket internet Axis selalu aktif dan memiliki kuota internet yang cukup. Jika masih bingung mau beli paket internet Axis yang mana, kamu bisa cari tahu di website Traveloka.

Agar bisnis online shopmu semakin laris manis, kamu harus memiliki beberapa aplikasi ponsel penunjang untuk memantau transaksi dan mengolah materi postingan/katalog produk. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

  1. Mobile Banking

Berhubung kamu tidak memiliki toko fisik, kamu tidak akan menerima uang cash melainkan hanya menerima transaksi berupa transfer uang antar bank. Oleh karena  itu  kamu harus memiliki aplikasi mobile banking untuk melakukan pengecekan transaksi dengan cepat dan akurat. Sebelum mengunduh aplikasi mobile banking tersebut, pastikan kamu sudah mendaftar fitur mobile banking di bank tersebut.

Aplikasi Rekomendasi: BCA mobile, mandiri online, BNI  Mobile Banking, dan sebagainya.

  1. Online Chatting

Online Chatting

Sumber: www.slideshare.net

Menerima pesanan via telepon akan menyulitkan kamu karena harus segera menjawabnya. Untuk itu kamu perlu memiliki aplikasi online chatting tersendiri untuk menerima pesanan dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Saat ini juga ada aplikasi online chatting khusus untuk pemilik online shop yang tidak hanya bisa digunakan untuk chatting tapi juga dilengkapi dengan fitur broadcast message, album foto, dan statistik pengikutnya.

Aplikasi Rekomendasi: LINE@, WhatsApp, LINE, dan BBM.

  1. Kolase Foto & Edit Foto

Foto adalah faktor utama yang membuat calon pembeli tertarik dengan produk kamu, sehingga pastikan foto yang kamu pasang berkualitas tinggi dan sedap dipandang mata.

Calon pembeli butuh informasi seperti apa tampilan belakang, samping, dan depan produk yang kamu jual. Sedangkan kamu tidak mungkin mengunggah foto tersebut dalam beberapa kali post karena akan mengganggu timeline media sosial si calon pembeli. Untuk itu, kamu harus melakukan kolase foto atau menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Hal tersebut juga berguna untuk mempermudah kamu saat menulis keterangan dan calon pembeli tidak perlu bingung mencari mana contoh tampilan belakang produk yang diinginkan.

Selain itu, kamu juga perlu mengedit tingkat kecerahan foto jika cahaya yang ada tidak mendukung foto tersebut. Calon pembeli juga lebih senang melihat infografis dibandingkan caption foto, jadi  kamu perlu menambahkan keterangan produk berupa teks pada foto tersebut.

Aplikasi Rekomendasi: PhotoGrid, Pic Collage – Photo Editor, VSCO Cam, Photo Editor Collage Pro, PicsArt, Adobe Photoshop Lightroom, dan Airbrush.

  1. Watermark

Sudah susah-susah membuat foto katalog produk yang menarik, eh fotonya malah dicuri online shop saingan. Nah agar kejadian tersebut tidak menimpa kamu, pastikan semua foto sudah diberikan watermark berupa logo online shop-mu

Aplikasi Rekomendasi: Ezy Watermark, SALT – Watermark Your Photos, My Watermark, dan InstaMark – photo editor.

  1. Save Instagram Post

Save Instagram Post

Sumber: idownloadblog.com

Sebagai reseller, kamu perlu mengambil foto produk milik supplier. Jika supplier kamu tidak mengirimkan foto produk secara rutin melainkan hanya posting di Instagram, kamu harus memiliki aplikasi untuk menyimpan foto di Instagram tersebut. Sedangkan sebagai pemilik online shop yang sering melakukan kerja sama endorsement dengan celebgram, kamu wajib memiliki aplikasi repost foto Instagram. Dengan demikian foto endorsement yang diposting oleh celebgram di akun mereka dapat diposting kembali di akunmu.

Aplikasi Rekomendasi: InstaSave, Save & Repost for Instagram, InstaSaver, Insta Download, Repost for Instagram, dan Rensta: Instagram Repost App.

Sudah siap dengan aplikasi-aplikasi pendukung tersebut? Maka sekarang saatnya untuk mencari ide produk yang akan dijual atau mencari supplier. Serta fokus dengan apa yang dikerjakan. Selamat membuka online shop!